Pulau Pinang (Penang) – Malaysia adalah salah satu tempat yang bisa dikatakan surga bagi penikmat kuliner atau makanan enak.

Kali ini akan dibagikan beberapa tempat makan menarik di Penang yang wajib anda pergi apabila ke sini.

city-map-of-penang

1. Chendul

IMG_6772

Lokasinya terletak di Jalan Penang, George Town, satu tempat pusat kota yang diberi anugerah World Heritage City oleh UNESCO, karena hampir seluruh bangunan di wilayah ini merupakan kategori yang harus dirawat dan tidak boleh dihancurkan / heritage, peninggalan jajahan Inggris.IMG_6775

Mudah ditemukan karena pasti sepanjang jam buka, tempat ini akan selalu penuh dikunjungi, judulya Penang Road Famous Teochew Chendul and Ice Kacang.  Chendul, rasanya hampir 100% mirip dengan cendol ala Indonesia.  Bedanya, chendul disini ditambahkan dengan kacang merah yang menambah rasa gurih dan manis.  Harap bersabar untuk mendapatkannya karena antrian cukup panjang terutama siang hari.

2. Roast Pork

Masih di George Town, kali ini masuk kategori non halal, yaitu roast pork. Persisnya di sekitaran Lebuh Armenian, dekat dengan Seh Tek Tong Chah Kongsi, sebuah kelenteng dengan arsitektur menawan dan ruang terbuka hijau yang cukup besar.

89583110.jpg

Dengan merogoh kocek sebesar 4RM (15.000 rupiah) kita bisa mendapatkan sepiring nasi disiram kuah dengan potongan daging dan lemak babi yang jumlahnya lumayan banyak.  Tempat ini berupa foodcourt, jadi jangan kuatir kita bisa memesan minum juga.

IMG_6735

3. Ayer Itam Assam Laksa

Belum pas rasanya jika ke Penang tidak mencicipi kuliner yang satu ini, yaitu Asam Laksa.  Asam laksa merupakan makanan berkuah yang komposisi utamanya adalah mie beras yang disiram dengan kuah pedas yang terbuat dari kaldu ikan dan berisi suwiran daging ikan dan aneka rempah. Pelengkap asam laksa adalah irisan: ketimun, nanas, bunga kecombrang, bawang merah dan cabai rawit. Mie laksa berbentuk bulat seperti mie telor  hanya saja berwarna putih. Penang asam laksa ini segar, lezat dan hot. Terletak di Air Itam Market, sebuah pasar umum yang sangat ramai.

4. Gurney Drive Hawker Center

Di Penang, banyak sekali tempat makanan atau jajanan pinggir jalan seperti di Indonesia.  Salah satu yang cukup terkenal adalah di kawasan Gurney Drive.  Lokasi ada di area Pesiaran Gurney, bersebelahan dengan Gurney Plaza dan Hotel G.  Banyak macam kuliner yang tersedia disini antara lain Fried Oyster, Otak-otak, Apom Pancake, tidak lupa juga mencicipi air mata kucing agar tidak panas dalam selama kuliner karena terlalu banyak makan gorengan 🙂

5. Char Kway Teow

Last but not the least, ini dia jawaranya di Penang Malaysia, yaitu Char Kuey Teow.  Char away teow adalah hidangan mi yang populer di Malaysia, Indonesia, Brunei dan Singapura. Hidangan yang biasanya disediakan di gerai-gerai kecil.  Dibuat dari mi beras, kira-kira 1 cm atau 0.5 cm lebarnya, digoreng dengan api yang sangat besar dan panas, serta ditambahkan kecap manis, cabe, sedikit belacan/petis, udang,  kerang, dan toge. Tidak ketinggalan telur, lapchiong, perkedel ikan, dan bahan-bahan lainnya.

Banyak tempat di Penang yang menjual Char Kway Yeow ini, rasanya hampir di semua hawker center, mall, dan restaurant menyediakan.  Tapi beberapa yang cukup terkenal antara lain di Gurney Drive dan Lorong Selamat George Town.

char-kway-teow-60

Advertisements