Kopitiam atau kopi tiam adalah kedai kopi dan sarapan tradisional di Malaysia dan Singapura. Di Indonesia, kopitiam terutama ada di kota Batam dan Medan. Istilah kopitiam berasal dari gabungan kata kopi (bahasa Melayu) dan kata tiam (店) yang berarti kedai dalam bahasa Hokkien. Selain kopi, teh, atau Milo, makanan yang disediakan adalah beraneka ragam sajian sederhana, seperti telur rebus, roti bakar dengan selai srikaya. (Wikipedia)

Nah,  Otobeng Tiam siap melayani pengunjung setiap harinya. Kafe yang terletak di Jalan Terusan Pasir Koja no. 275 merupakan tempat makan dengan konsep arsitektur dan interior bengkel mobil. Sesuai dengan namanya, yaitu Oto Beng Tiam. Oto adalah otomotif/mobil.  Sedangkan Beng, adalah bengkel dan Tiam adalah kopi seperti yang sudah disebutkan diatas.

Kafe ini tidak hanya menyediakan makanan khas Malaysia, nusantara juga ada, bahkan Thailand pun ada, jadi yang disediakan di sini variatif.

IMG_7047

Konsep bengkel ini diterapkan pada hampir seluruh sudut interior ruangannya.  Seperti penggunaan drum bekas yang menjadi tempat duduk dan tempat cuci tangan.  Drum dengan diameter lebih kecil dipakai juga sebagai kaki meja.  Kreativitas penggunaan bahan-bahan industrial diterapkan juga pada area dinding tertentu, yaitu menggunakan zincalume dengan finishing warna merah, menjadikan spot-spot tertentu aksen yang menarik, ditambah dengan pernak pernik yang Instaramable…..

 

Char Kway Teow

Yang namanya kopitiam dan bergaya Melayu, tidak afdol rasanya kalau ga ada menu Char Kway Teow ini.  Tidak kalah dengan yang pernah di coba di Penang.  Porsinya lumayan banyak, dan bisa request dengan kadar pedas tertentu.  Ketebalan kwetiaunya pas sehingga kekenyalannya cukup untuk menyeruput langsun masuk mulut 🙂

IMG_7040

Nasi Goreng Spesial Oto Beng

Menu kedua yang dipilih adalah nasi goreng. Yang bikin spesial adalah dengan ditambahkannya sepotong ayam goreng dan telor ceplok.  Ayam gorengnya digoreng garing, dengan bumbu yang cukup terasa dominan adalah terasi.  Dan telor ceploknya dimasak dengan kematangan yang pas.

IMG_7043

Di dalamnya ada udang, beberapa macam sayuran seperti wortel, tomat, dan kacang polong.  Bumbu yang ditambahkan juga berimbang, sehingga tidak terlalu spicy.

Nasi Hainan Bebek Panggang

IMG_7041

Nasi Hainan merupakan masakan Tionghoa yang berasal dari wilayah Hainan, China. Karena banyaknya orang-orang suku Hainan yang merantau dan tinggal di Malaysia dan Singapura,mereka lalu memperkenalkan dan mengembangkan masakan ini, sehingga menjadikan Nasi Hainan identik dengan Negara Malaysia dan Singapura.

Nasi ini dimasak dengan menggunakan kaldu ayam secara terus menerus, sehingga menjadikannya sangat harum dan lembut. Biasanya disajikan dengan daging, rebus ataupun panggang, kuah kaldu, sambal jahe, dan juga bawang putih.  Naahh, begitu pula dengan menu yang satu ini, nasinya lembut harum, bebek panggangnya porsi lumayan, plus ditambah dengan kuah kaldu dengan aroma dominan merica, tapi tidak terlalu pedas, cukup membuat badan hangat saja 🙂

Roti Bakar Srikaya

Kurang klop rasanya kalau ngobrol kopitiam tapi ga ada yang namanya roti srikaya.  Disini, roti bakar srikayanya mantep banget, denan baluran butter tambahan diatasnya dan garnish yang cukup menarik… hmmmm maknyuss…

IMG_7048.jpg

 

 

Advertisements