Pemburu makanan sejati biasanya akan mengejar makanan enak, dimanapun berada, sesulit apapun lokasinya, dan seperti apa pun bentuk tempatnya. Ada satu tempat yang tempatnya tidak komersil, tidak keren, dan kurang nyaman. Namanya AA Bistik, atau lebih ngetop dengan nama Nasi Bistik Ayam Astana Anyar.
Terletak di jalan Astana Anyar, tanpa panduan nomor rumah, karena hanya berupa gerobak pinggir jalan, dekat Rumah Sakit Bersalin Astana Anyar. Buka mulai sore sampai tengah malam.

Screenshot_2014-12-12-06-48-22.jpg
Map AA Bistik

Di Nasi Bistik Astana Anyar tidak ada meja nyaman atau tempat duduk memadai. Hanya ada beberapa kursi seadanya. Kondisi yang memaksa kita untuk makan sambil berdiri, duduk di pinggir jalan, atau makan di mobil.

Semua gambaran buruk di atas akan segera lenyap begitu kita mencicipi sajiannya. Walaupun menawarkan berbagai jenis masakan, tapi yang paling top adalah Nasi Bistik Ayam atau Nasi Goreng Bistik.

IMG_4477
Tim AA Bistik

Seporsi Nasi Bistik Ayam disini, terdiri dari sepiring nasi putih dengan bistik ayam ala Bistik AA, kentang goreng, dan potongan sayur rebus.

Bistik ayam berupa potongan daging ayam tanpa tulang, yang dibalut tepung dan diberi bumbu sebelum digoreng hingga renyah. Standar “enak” di sini masih dalam standar makanan pinggir jalan loh ya….

IMG_4476
Nasi Bistik

Kentang gorengnya diiris agak tipis, lalu dibalur dalam adonan tepung yang sama dengan ayam-nya, kemudian digoreng, sehingga permukaan luar kentang sangat garing dan renyah.

Bistik ayam dan kentang itu kemudian akan disiram dengan saus yang rasanya agak manis, dengan aroma kecap inggris yang agak dominan.  Sayurannya antara lain adalah buncis dan wortel. Oh ya, variasi lainnya adalah bisa mengganti nasi putih dengan nasi goreng. Nasi gorengnya biasa saja, nothing special.  Tapi untuk standar gerobak ya cukup lumayan lah…

Jadi don’t judge a book by its cover, sangat tidak disangka kalau kita cuma melihat dari penampilannya saja.  Cukup recommended untuk ukuran bistik pinggir jalan… pinggir sekali….. 🙂

Advertisements