Semua yang berkaki empat, melata di muka bumi, kecuali meja,

Semua yang bisa terbang di awang-awang, kecuali layangan,

Semuanya bisa dimasak, dihidangkan dan dimakan

(Semboyan Koki Cina)

Ungkapan koki Cina diatas hanya mau menggambarkan betapa banyak jenis masakan Tionghoa, yang bisa diolah dari berbagai macam bahan dan sumber.  Seni memasak Tiongkok, konon paling sedikit memiliki 40.000 jenis variasi makanan, dengan resep dan cara memasak yang berbeda.

Nah, berbicara soal makanan dan restoran, kota kembang ini rasanya ngga salah kalau disebut sebagai surganya pecinta kuliner.

Di Bandung, hanya ada beberapa restaurant besar yang terbiasa menyajikan menu untuk wedding dengan tipe cia ciu.  Pada postingan sebelumnya sudah bisa kita liat jenis cia ciu denga style dari Imperial / Landmark Restaurant.

Nah, kali ini coba kita cek ricek dari jenis yang lainnya, yaitu Queen International Restaurant.  Queen Restaurant ini merupakan salah satu restoran chinese food yang kalau boleh dibilang termasuk paling tua di kota Bandung.  Terletak di pusat kota, jalan Dalem Kaum no. 79  Bahkan Queen ini sudah melayani tamu-tamu pada saat Konferensi Asia Afrika pertama tahun 1955

 

queen.jpg

Seperti sudah dijelaskan pada postingan sebelumnya, cia ciu merupakan sajian 8 macam makanan termasuk dessert yang dihidangkan sesuai dengan urutannya.  Nah coba kita telusuri satu persatu

Lengphan

Leng phan atau hidangan dingin, dimana semua sajiannya merupakan makanan yang dingin, dengan mustard di bagian tengah.

IMG_7169
Leng phan

Di sajian ini, kita akan mendapatkan  irisan ayam rebus dingin, panggang babi, telur pitan, dan lain-lain

Sup Hisit Telur Kepiting

Hidangan kedua adalah sup hisit, dihidangkan panas dan dibagikan oleh pelayan restoran kepada masing-masing mangkuk. Mantap!

IMG_7171
Sup Hisit Telur Kepiting

Sate Shanghai

Bentuknya adalah potongan daging babi, tidak lupa dengan samcannya.  Disajikan dengan bapau pipih bulat.  Cara makannya adalah dengan menjepit sate dan dan samcam di tengah bapau, jangan lupa dicocol sambal…. hmmmmm….

IMG_7172
Sate Shanghai

Angsio Haisom Dengan Jamur Hioko

Pernah dengar Haisom?  Haisom adalah seekor teripang, atau juga disebut timun laut.

1221081_scsandfish2.jpg
Teripang

Tubuhnya kenyal, dan rasanya gurih sekali, seperti ‘kikil’ tetapi lebih padat dibandingkan rasa kikil.  Kata orang, haisom banyak manfaatnya, salah satunya untuk mencegah penyakit darah tinggi.  Yang pasti, haisom tidak mengandung kolesterol. Masakan haisom ini merupakan masakan mahal, karena pengolahannya (sejak ditangkap dari laut sampai dijual dan dimasak ) terbilang rumit.

IMG_7173
Haisom masak jamur hioko

Hadeuuhhhh… ini mantapp….. kenyal-kenyal gurih mantap… sausnya juga sedapppp..

Baso Ipiaw Kuah

Merupakan hidangan yang berasal dari jeroan ikan yang dibuat seperti berbentuk baso.  Dimasak dengan kuah kaldu dan sayuran.  Enaknya sih ini dimakan selahi panas, tambah nasi dikit lebih oke (maklum orang Indonesia belom makan kalau belom pake nasi)

IMG_7174
Baso Ipiaw Kuah

Udang Goreng Saos Mentega

Menu berikutnya adalah udang goreng saos mentega.  Beberapa ekor udang besar (satu orang kebagian satu, atau kalau beruntung bisa dapet dua).  Sebaiknya disikat sejak masih panas, karena kalau sudah agak dingin, menteganya akan sedikit menggumpal dan mengurangi kenikmatan 🙂

IMG_7175
Udang goreng saos mentega

Gurame Asem Manis

Nah ini merupakan salah satu signature dish di Queen, yaitu gurame asem manis.  Hidangan ikan gurame yang digoreng garing lalu disiram dengan saos tomat asem manis. Garingnya ikan dengan campuran saos menjadika hidangan ini istimewa, kriuk diluar, lembut di dalam.  Buat yang suka dengan, ini ada tips coba deh makan bagian ekornya.  Hmm…. seperti makan kerupuk garing… enaakkkk….

IMG_7176
Gurame asem manis

 

Lychee dan Longans

Setelah perut digempur dengan makanan berat, tibalah saatnya kita masuk bagian pencuci mulut.  Kalau di Queen, salah satu hidangannya adalah buah lychee dan longans.  Sajian ini dihidangkan dingin, plus airnya yang seger maknyus dipastikan bisa menutup semua sajian dengan sempurna….

IMG_7177

Advertisements