Terletak di jalan Rancakendal Luhur no 17, Dago Pakar, Bandung, tempat makan ini cukup nyaman dengan udaranya yang bersih dan segar. Tempat ini  cocok untuk dikunjungi oleh mereka yang senang melakukan perjalanan dengan suasana alam. Untuk mencapai tempat ini, pengunjung harus menaiki anak tangga yang kerap membuat nafas ngos-ngosan. Tapi semuanya akan terbayar sesaat setelah mencapai lokasi.

Kita akan dihadapkan dengan beragam pilihan tempat seperti saung makan di dalam ruangan, di bawah payung atau di balkon. Begitu pun dengan tempat lesehannya yang  bisa digunakan untuk bersantai. Semua terasa sangat alami dan berkesan seperti benar-benar berada di tengah hutan.

Kalau dari namanya, keliatannya restoran ini menyajikan makanan khas Jawa, tetapi Boemi Joglo ini menyajikan menu masakan Sunda. Meski pada kenyataannya banyak juga menu masakan daerah lain.

Nasi Liwet Ikan Asin

Menurut beberapa sumber, ini merupakan salah satu best seller di sini.  Nasi liwet adalah salah satu cara memasak nasi dalam tungku dengan dibumbui sereh dan laos serta daun salam. Untuk menambah rasa ada yang menambahkan ikan asin.

IMG_7200
Nasi liwet ikan asin

Nasi liwet ini bisa dipesan dengan porsi untuk 2 orang sampai dengan 4 orang.  Teksturnya pulen dan gurih, disertai aroma ikan asin dan sayuran… manteppp.  Nasi liwet ini akan sangat nikmat jika disantap dengan menu khas lainnya seperti tahu goreng dan sebagainya.

Tahu Goreng

IMG_7201
Tahu goreng

Tahu goreng ini disajikan dengan baluran tepung, satu porsi isi 5 potong, tidak lupa juga sambal kecap cengeknya yang membuat seuhah dan lupa untuk berbagi sama yang laen.

Nasi Timbel Komplit

Salah satu ciri khas makanan Sunda adalah dengan selalu tersedianya  menu nasi timbel.  Nasi Timbel atau dalam bahasa Sunda adalah sangu timeul adalah nasi yang dibungkus dengan daun pisang, biasanya beras yang dipakai buat nasi timbel adalah nasi putih biasa atau nasi merah.

IMG_7198
Nasi timbel komplit

Nasi timbel ini dilengkapi dengan ayam goreng, lalaban, tempe goreng tepung, pepes tahu, sambal, dan disertai pula dengan satu porsi kecil sayur asem.  Dijamin kenyang….

Bandrek

Udah makan apa minumnya ya? Yang cocok dengan suasana budaya Sunda disertai dengan hawa yang dingin membuat saya memesan bandrek.  Bandrek adalah minuman tradisional yang dikonsumsi untuk meningkatkan kehangatan tubuh.  Bahan dasar bandrek yang paling penting adalah jahe dan gula merah.  Banyak orang percaya bahwa bandrek dapat menyembuhkan berbagai penyakit ringan seperti sakit tenggorokan, batuk, dan lain sebagainya.

IMG_7199
Bandrek

 

Makan bersama keluarga di Boemi Joglo ini merupakan pengalaman menarik sendiri, jadi silahkan dikunjungi teman-teman….

 

 

 

HATUR NUHUN SADAYANA

Advertisements