Eksplorasi kuliner di kota Bandung memang ga bakal ada habisnya.  Salah satunya adalah kuliner non-halal yang akhir-akhir ini memang sedang menjamur.  Kali ini mari kita coba salah satu kedai babi di Jalan Guntur no. 30. Lokasinya di seputaran BPK Penabur Guntur, spesifiknya berdekatan dengan Mie Encek, salah satu kuliner mie yang maknyus juga.

Namanya unik, Kuku Belah. Kenapa? Karena babi itu kukunya belah, bung!  Udah liat belom kuku babi, googling gih….

Kedainya menggunakan halaman depan salah satu rumah tinggal. Tidak sulit mencapainya karena terlihat dengan banner yang cukup besar. Buka setiap hari pukul 10-21, kecuali hari Senin libur.  Menu babinya tergolong cukup banyak varian, antara lain dengan metode asap, panggang madu, woku-woku, saksang, rica-rica.  Ngga ketinggalan sayurannya ada homemade bakut sayur asin, sayur daun singkong dan masih banyak lagi.

Babi Panggang Asap

Nah, menu pertama yang kita coba adalah babi panggang asap. Untuk harga sekitar  IDR 25K, porsinya cukup lumayan banyak.  Wanginya mantap, plus garing renyah dimakan dengan sambal dan potongan tomat. Oya, jangan lupa sebelon makan kucurin dulu sama jeruk.

 

Babi Panggang Asap

Babi Kecap

Pilihan menu kedua jatuh pada si babi kecap. Potongan babi gurih dengan kuah kecap ini dijamin bikin ketagihan.  Bumbunya meresap ke seluruh daging. Menurut saya, salah satu bumbu yang menonjol di babi kecap ini adalah penggunaan pekak / bunga lawang.  Baunya sangat khas, ini yang menjadi kelebihan menu ini.

 

Babi Kecap

Saksang Babi

Saksang adalah salah satu menu yang dibuat dengan begitu banyak rempah.  Begitu nyicipin saksang babi itu, kesan pertama yang langsung muncul adalah dominannya penggunaan daun jeruk purut. Harum sekali, apalagi kuahnya yang berempah, dicampur nasi panas makin maknyussss…

 

Saksang Babi

Mencicipi sajian babi diatas untuk makan malam rasanya  menutup  hari jadi sempurna.  So guys, buruan mampir buat makan siang atau makan malem.  Jangan sampe telat nanti keabisan….

Advertisements