Babi Panggang Karo atau yang lebih populer dikenal dengan istilah BPK adalah makanan yang terbuat dari daging babi yang dipanggang atau dibakar. Makanan ini adalah masakan khas Suku Karo, sehingga banyak ditemukan di berbagai kota yang banyak ditinggali oleh orang Karo, seperti di Berastagi, Kabanjahe, Medan, dan bahkan di Pekanbaru, Jakarta, dan Bandung. 

Perbedaan antara Babi Panggang Karo dengan babi panggang lainnya adalah terdapat pada cara pemanggangan yang dilakukan lebih unik dengan irisan lebih halus serta pemilihan bagian daging yang tepat. Saat dihidangkan Babi Panggang Karo juga akan ditambahkan dengan sajian daun singkong dan kincong yang telah dihaluskan dan dimasak secara khas.  Selain itu disajikan pula saus yang terbuat dari darah babi, di mana keberadaan saus darah terlebih dahulu telah dimasak di atas bara api dengan ditambahkan sedikit air dan dibumbui dengan ramuan seperti asam dan lain-lain. Setelah matang warna saus darah akan berwarna kecokelatan.

Cukup banyak lapo BPK di kota Bandung, salah satunya adalah BPK Sukadame, terletak di Jalan Soekarno-Hatta, dekat perempatan jalan Babakan Ciparay.  Tempatnya m emana di jalan raya, hanya papan penunjuknya agak kecil sehingga kita harus sedikit memperlambat laju kendaraan begitu lewat dari lampu setopan Babakan Ciparay.

IMG_7415
Papan Nama Lapo

Tempatnya menyerupai ruko kecil, dengan penempatan meja ala kadarnya.  Tempat parkirnya pun hanya muat beberapa mobil dan motor.  Jika sudah tidak mencukupi, kita bisa parkir di sisi jalan.  Tapi don’t judge book by it’s cover.  Tempatnya tidak berbanding lurus dengan babinya yang endang……. 🙂

Jl__Nasional_III_-_Google_Maps.jpg
Tampak Muka BPK Sukadame

Sebetulnya menu di Sukadame ini ada juga ayam dan ikan, tapi ngapain juga ke lapo kalau ngga makan babi :))

Nasi + Babi Panggang

IMG_7413
Babi Panggang

Nasi + Babi Rica

IMG_7414
Babi Rica

Makan babi panggang ataupun rica dengan ditemani sepiring nasi hangat dijamin ngga akan cukup.  Rata-rata pada nambah nasi ataupun panggangnya….  dengan merogoh kocek sekitar Rp. 17.000 untuk seporsi panggang dijamin tidak membuat kantong bolong dan bisa datang lagi berulang-ulang ke tempat ini.

Advertisements