Lomie adalah makanan tradisional yang berasal dari Fujian, Tiongkok.  Biasanya lomie ini dibuat pada saat liburan, ulang tahun, makan malam atau makanan ritual meriah. Sekarang industri katering dan beberapa tempat makan telah memasukkan lomie ke dalam daftar menu makanannya.

Kata “Lo” dalam bahasa Hokkien mengacu pada masakan yang berkuah kental karena perebusan yang lama.

Lomie pada umumnya adalah mie rebus yang disiram dengan kuah kental dari tulang dan tetelan babi. Di Sukabumi, Pontianak, Semarang, Medan, hampir semua lomie yang dijajakan adalah versi tidak halal. Di Singapura dan Malaysia pun lomie merupakan hidangan populer.

Ada juga cara untuk menyajikan lomie secara halal. Kuah kentalnya dibuat dari cumi-cumi dan ebi, sehingga menghasilkan citarasa dan aroma yang sungguh khas.
Disajikan dengan kangkung, tauge, cacahan daging ayam goreng, pangsit, bakso, rajangan daun bawang, dan bawang goreng.

Nah, ada satu tempat makan lomie yang enak di Bandung. Lokasinya ngga jauh dari tengah kota, tepatnya di Jalan Suwatama, dekat Pajajaran. Mudah dijangkau, tetapi kalau agak kesulitan mencarinya tinggal nyalain GPS atau tanya penduduk setempat. Namanya Lomie Pekalongan. Tempatnya berada di garasi sebuah rumah, kecil tapi bersih.

IMG_7534.JPG

IMG_7533

Kuahnya kental, tapi tidak cepat mencair.  Biasanya, kuah lomie itu berwarna agak kecoklatan karena ditambah dengan kecap yang menghasilkan rasa manis.  Tapi disini beda, kuahnya terlihat lebih bening, ini menghasilkan rasa yang cukup asin dan gurih.

Selain itu, yang bikin istimewa adalah keripik usus yang ditambahkan di atas lomie nya. Hmmm… kriuk-kriuk berpadu dengan kuah lomie yang gurih rasanya asik banget!

IMG_7550

Kalau kamu pecinta lomie, wajib mencicipi Lomie Pekalongan ini deh. Buat saya sih rasanya beda dengan lomie lain yang pernah saya makan.  Selain menyajikan menu lomie, disini juga ada sajian yamien manis dan yamien asin juga.  Jadi cukup bervariasi juga, silahkan menuju tekape 🙂

 

Lomie Pekalongan

Jl. Suwatama No. 3 Pajajaran, Bandung
Telepon: (022) 6012323

Advertisements