Bakut merupakan salah satu bagian dari babi yang paling enak. Biasanya, bakut ini dimasak kuah dengan menggunakan sayur asin. Paduan bakut dicampur dengan asamnya sayur asin menghasilkan rasa yang menyegarkan, membuat menu ini disukai oleh banyak orang, tentunya untuk kategori non-halal.

Berbicara tentang bakut kuah sayur asin di Bandung, sebagian besar dari kita akan langsung ingat dengan rumah makan Ahon yang berpusat di jalan Pasirkaliki.  Berawal dari tahun 1961, baku Ahon ini mulai berjualan di jalan Semar.  Sembilan tahun kemudian, yaitu tahun 1970 berpindah ke jalan Pasirkaliki, menempati lahan bagian depan dari Radio Chevy.  Cukup lama berjualan disana, akhirnya setelah 23 tahun, bakut Ahon ini pindah ke bangunan sebelahnya, masih di jalan Pasirkaliki.

Dan selama itu pula bakut Ahon ini menjadi legenda di kota Bandung.  Tetapi lagi-lagi setelah 23 tahun berlalu, tepatnya di awal Februari 2016, bakut Ahon menempati lahan yang baru di jalan Cibadak 251, yaitu penggalan jalan Cibadak dengan lalu lintas dua arah. Rasanya, masih mantap, masih maknyus.  Apalagi ditambah dengan nasi putih hangat. Dan supaya lebih mantap, jangan ragu untuk menambahkan sambel cengek ke dalam kuahnya.

IMG_7599

Selain bakut, disini juga menyediakan beberapa menu lain yang tidak kalah maknyus. Bagi penggemar sate, cobalah sate daging, sate ati, atau sate kulit babi. Mantap!

sate ahon

 

 

Bakut Ahon

Cibadak 251, Bandung

Cibadak Food Market

Paskal Hyper Square

Advertisements