Wonjo Korean Resto, authentic restaurant with Korean Chef.  Begitu judulnya restoran yang baru buka di awal Maret 2016 ini.  Lokasinya di daerah Bandung Utara, tepatnya di Jalan Setiabudi 191B, bersebelahan persis dengan kampus Universitas Pasundan.

IMG_7819

Awalnya saya hanya membayangkan restoran ini hanya menempati sebuah ruko, tetapi asumsi itu ternyata salah.  Wonjo ini terlihat seperti rumah biasa, tetapi lahannya memanjang ke belakang sehingga area restoran nampak sangat luas dan masih bisa diimbangi dengan luasan taman di tengah.

Ruangan ditata dengan nuansa coklat dengan finishing lantai menggunakan keramik nuansa gelap.  Pada bagian plafond terpasang exhaust fan (penyedot asap) untuk menyedot asap makanan yang dibakar agar tidak menyelimuti ke seluruh ruangan.

IMG_7820.jpg
Interior

 

IMG_7818.jpg
Area Taman

 

Sama seperti resotoran Korea lainnya, sebelum memilih makanan pada menu, pelayan akan menghampiri kkita untuk menghidangkan beberapa makanan pembuka (banchan), yang biasanya free.  Nah, yang pasti saya coba adalah kimchi, karena menurut adagium kuliner, kimchi-nya enak pasti masakan yang lain juga akan on the track 🙂

Kimchi adalah makanan tradisional Korea, salah satu jenis asinan sayur hasil fermentasi yang diberi bumbu pedas. Setelah digarami dan dicuci, sayuran dicampur dengan bumbu yang dibuat dari udang krill, kecap ikan, bawang putih, jahe dan bubuk cabai merahSayuran yang paling umum dibuat kimchi adalah sawi putih dan lobak

IMG_7839
Kimchi

 

Sam Gyeop Sal (Pork Belly)

Buat saya, kurang afdol rasanya kalau ke Korean restaurant tidak mencicipi menu ini. Samgyeopsal adalah masakan Korea berupa panggang daging perut babi yang berlemak dan tebal. Daging biasanya tidak dibumbui, dan dipanggang sendiri di atas pemanggang yang ada di meja.  Setelah matang, daging dimakan setelah dicelup ke dalam saus pedas. 

Empuknya dagiing babi, masih berlemak dan tidak terlalu gosong beserta cocolan sausnya membuat makan akan lupa diri 🙂 sehingga tidak berlebihan kalau nilainya 8/10

 

Bulgogi (Sweet Marinated Beef)

Bulgogi adalah olahan daging sapi bagian sirloin atau bagian daging sapi pilihan lain. Bumbu bulgogi adalah campuran kecap asin dan gula ditambah rempah lain bergantung pada resep dan daerah di Korea. Sebelum dimakan, daun selada digunakan untuk membungkus bulgogi bersama kimchi, bawang putih, atau bumbu penyedap lain.

Selada, sayuran, dan bawang yang disajikan di Wonjo ini melimpah ruah jadi bisa dipastikan kita boleh meminta untuk menambahnya.

IMG_7845

IMG_7830.jpg
Bulgogi

Japchae (Korean Rice Noodle)

Japchae adalah makanan Korea berupa rice noodle yang dicampur dengan berbagai jenis sayuran dan daging sapi.  Sayuran yang digunakan biasanya sayuran yang sedang musim. Rasanya japchae ini berimbang pada penggunaan bumbunya, tidak trlalu asin.  mie berasnya kenyal dan tidak terlalu lembek yang biasanya menempel satu dengan lainnya.

IMG_7843.JPG
Japchae

Bingsoo

Patbingsu atau patbingsoo adalah dessert yang sangat digemari, terutama pada hari-hari musim panas.  Berisi variasi es krim dan yogurt dingin, susu kental manis, sirup buah-buahan, buah-buahan seperti strawberry, pisang, kue beras tteok, agar-agar kenyal dan remah-remah sereal.

Di Wonjo ini buah-buahannya disajikan dalam porsi cukup, ditambah kacang merah yang kenyal dan manis… hmmmmmm

IMG_7842
Wonjo Bingsoo

 

Wonjo Korean Resto

Authentic Korean Restaurant with Korean Chef

Jln. Setiabudi 191B, Bandung

wonjoresto@gmail.com

(022) 8200 1410

Instagram: wonjobbq

Advertisements