Mie kocok adalah hidangan mi bercitarasa kaldu sapi khas kota Bandung. Hidangan ini terdiri atas mie kuning yang disajikan dalam kuah kaldu sapi kental, irisan kikil , toge, bakso, jeruk nipis, dan ditaburi irisan seledri, daun bawang, dan bawang goreng. Beberapa resep mungkin menambahkan babat sapi.

Istilah kocok dalam nama hidangan ini merujuk kepada proses memasaknya, yaitu mengocok-ngocok mi dalam wadah logam bolong-bolong bergagang, seraya mencelupkannya ke dalam air panas. Jenis mie yang digunakan adalah mi kuning gepeng yang bertekstur lebih lembut.

Untuk menambah citarasa, dapat pula ditambahkan kecap manis, kerupuk aci, dan sambal.

Sumber: Wikipedia

Salah satu mie kocok legendaris dari Bandung adalah mie kocok Berkat, terletak di jalan Cibadak pada segmen lalu lintas 2 arah.  Dari pertama membuka gerobaknya bisa dipastikan sudah ditunggu oleh para fans setianya, apalagi saat jam makan siang tiba, harus bersabar dan rela antri hanya untuk mendapatkan semangkok mie kocok mantap.  Si engko-nya ramah dan bekerja dengan cekatan untuk melayani satu per satu pelanggannya.

IMG_7872.JPG

IMG_7865.JPG

Kuahnya gurih dan yang terutama adalah bersih, bening dan tidak “kotor” karena terlalu banyak lemak yang mengendap.  Kikilnya empuk, masuk mulut langsung saja meluncur sempurna ke dalam perut.  Togenya seger dan mie dimasak sempurna.  Kuahnya akan terasa lebih menyegarkan apabila kita menambahkan kucuran jeruk nipis.  Pasangan sempurna dari mie kocok ini adalah tentu saja kerupuk aci.  Ngga cukup 1 atau 2 keping, bisa dipastikan setiapan suapan akan selalu diiringi gigitan kerupuk kriuk-kriuk…. kayanya abis 5 keping deh… atau lebih..

Kerupuk_putih.jpg
id.wikipedia.org

Satu lagi yang menbuat mie kocok ini terasa mantap adalah kecapnya.  Kecap manis yang digunakan bukanlah merk yang biasa ada di supermarket, tapi kecap olahan pengarajin rumahan yang rasanya serrrr….. manisnya  mantap…

IMG_7874
Kecap Jatiwangi Cap Udang

Penasaran sama penampakan mie kocoknya?  nihhhh…….

IMG_7871
Mie kocok Berkat

Setelah kenyang menyantap semangkok mie kocok sampe ludes tandas, sudah jelas finishing touch itu yang paling cocok adalah segelas es jeruk. Disini es jeruk yang disajikan adalah jeruk murni, jadi jangan kuatir diberi gula berlebihan atau orange juice abal-abal.

IMG_7873

Sok ateuh buruan melipir kesini…..

Mie Kocok BERKAT

Jalan Cibadak

022 91268629 / 0898 7827 666

Buka setiap hari kecuali Jumat libur

 

Advertisements