Setelah berusaha googling, ngga banyak yang bikin tulisan di tempat ini, padahal keberadaannya boleh dibilang udah cukup lama di kota Bandung.  Pada beberapa web tertentu hanya ditulis alamat dan beberapa foto aja.  Mudah2an tulisan ini cukup membantu memberikan referensi.

Seafood Pondok Pesanggrahan ini terletak di ruas jalan Karapitan, tepatnya nomer 42, posisinya ada di sebelah kiri jalan.  Menempati bangunan berupa ruko, sebagian lahan parkirnya digunakan sebagai area memasak dan tempat menyimpan hewan laut.  Jadi bisa dipastikan sefood disini masih segar karena langsung diolah dari masih hidup

IMG_8158.JPG

Bagian dalam restoran ini tidak begitu luas, tapi disusun secara kompak sehingga bisa menampung beberapa meja dengan ukuran yang cukup besar.  Semua konsepnya terasa masih sangat jadul.

IMG_8154

IMG_8155

Udang Pacet Bakar

Menu yang direkomendasikan adalah udang pacet bakar, ukurannya cukup besar dan dalam satu porsi terdapat 5-6 ekor udang.  Cara mengolahnya adalah dengan dibakar, menggunakan beberapa rempah seperti jahe, lengkuas, ditambah rasa manis dengan penambahan kecap manis saat pembakaran.  And  you know what, it’s perfect!

IMG_8162

Kerapu Goreng Kering

Terdapat berbagai macam varian untuk menu ikan, dari ikan gurame, bawal putih, kerapu, kakap, kuwe.  Tapi untuk kali ini pilihan jatuh kepada ikan kerapu, kita memintanya untuk digoreng kering.

Ikannya masih sangat fresh, lembut, sehingga walaupun tanpa cocolan sambel maupun kecap, dagingnya terasa manis.  Kulitnya crispy dan ebih mantap dicocol sambel cengek pake kecap.  Dijamin nasinya bakal nambah lagi 🙂

IMG_8160

Kerang Darah Rebus

Menurut pemiliknya, kerang darah rebus ini termasuk salah satu yang best seller.  Nah akhirnya kita ikut deh saran sang owner.

Kerang sebenarnya rendah lemak dan kalori, yaitu sepuluh kerang hanya mengandung kurang dari 100 kalori dan hanya 0.2g lemak jenuh. Kerang juga merupakan sumber mineral yang baik , yaitu tembaga, yodium dan zinc, serta mengandung zat besi dan selenium.

Jantung adalah organ yang paling merasakan manfaat dari makan kerang. Penelitian telah menunjukkan bahwa pria yang makan kerang dan udang setidaknya 1 kali dalam seminggu, secara signifikan mengurangi risiko kematian akibat serangan jantung mendadak. Studi lain menunjukkan bahwa subyek yang makan 280 gram kerang setiap hari selama tiga minggu telah menunjukkan penurunan kadar trigliserida, atau lemak dalam darah yang bisa menyumbat pembuluh darah.

Sumber: http://www.carakhasiatmanfaat.com/artikel/nutrisi-resiko-dan-manfaat-kerang.html

IMG_8159

Dan akhirnya, berbeda dari beberapa restoran lain yang sejenis, kita mendapatkan surprise pada akhir sesi makan, yaitu berupa satu porsi buah iris, terdiri dari semangka, pepaya, dan melon.  Lumayan untuk dessert 🙂

IMG_8163

SEAFOOD PONDOK PESANGGRAHAN

Jln. Karapitan 42, Bandung

Phone: 022-4230276

Advertisements