Sukiyaki adalah irisan tipis daging sapi, sayuran, dan tahu dalam panci yang dimasak di atas meja makan dengan cara direbus. Sukiyaki dimakan dengan mencelup irisan daging ke dalam kocokan telur ayam.

Sayur-sayuran untuk sukiyaki misalnya bawang bombay, daun bawang, sawi putih,  jamur shiitake, dan jamur enoki. Sebagai pelengkap ditambahkan ito konnyaku atau shirataki yang berbentuk seperti soun berwarna bening atau sedikit abu-abu.

Sumber: Wikipedia

Nah, di Bandung ini ada banyak tempat yang menawarkan jenis sajian suki ini, salah satunya adalah Jiganasuki.  Berawal dari sebuah ruko di kawasan Kota Barau Parahyangan, dengan tempat yang terbatas, saat ini sudah melebarkan sayapnya ke pusat keramaian kota di daerah Sukajadi. Tempatnya besar dan luas, untuk parkir kendaraan bisa cukup menampung cukup mobil dan motor.

IMG_8166
Ruang Dalam
IMG_8170
Tampak depan

Pelayanannya ramah, gesit dan mempunya product knowledge yang baik.  Kita pasti akan dibantu untuk memilih jenis sayur, daging, ataupun metode penyajian yang paling direkomendasikan.

Pada bagian kiri saat kita masuk, akan terpampang dengan jelas semua jenis makanan yang bisa kita pilih.

IMG_8168IMG_8167IMG_8169

Setelah kita selesai memilih, tinggal kita duduk saja di meja yang sudah disiapkan.  Kita akan ditawarkan 4 jenis kuah yang aan menjadi pendamping sayuran dan daging yang sudah kita pilih.  Ada original, spicy, mushroom, dan tomato.

Kalau kebanyakan orang akan memilih dulu tipe original, kuah kaldu tanpa MSG dengan campuran banyak rempah sehingga rasanya akan seperti minum obat, tapi yang ini tentu saja tidak pahit, tapi nikmat dan menyegarkan.

IMG_8177

Sayurannya masih segar, ditambah pula dengan basonya  yang mantap, segera saja seketika kuah mendidih kita memasukkan semua jenis makanan barusan.

Buat saya, kuah kedua yang diacungi jempol adalah tipe mushroom.  Rasa jamurnya dominan sekali tapi dengan tetap tidak mengalahkan rasa rempahnya.  Tapi jangan kuatir untuk yang suka peda bisa pilih tipe spicy, dan untuk yang suka asam segar bisa minta kuah tomato.  Semua punya penikmatnya sendiri-sendiri.

IMG_8175IMG_8176

Aahh kenyang, segar, dan tentu saja menyehatan makan suki disertai kuah yang beraroma rempah ini.  Jigana (rasanya, kayanya… sunda, red) tanpa perlu menunggu lagi sok buruan mampir…. Jigana tempat ini akan menambah referensi baru dalam dunia perkulineran.  Jigana saya akan selalu balik lagi kesana…. Jigana…..

JIGANASUKI

Sukajadi No.201

Sukajadi Square Building

Bandung

Telepon: (022) 2060360

Jam buka: 11.00–23.00

Kota Baru Parahyangan

Banyak Niaga Kaler 11

Kabupaten Bandung

Telepon: (022) 87993600

Jam buka: 11.00-22.00

Advertisements