Sangat mudah untuk mencintai Indonesia, sebenarnya. Kekayaan tradisinya menyumbangkan banyak hal untuk menyeimbangi gaya hidup modern yang sekarang semakin diagung-agungkan. Mulai dari prinsip hidup sampai budaya kasat mata seperti kain, misalnya, dapat membentuk kekayaan batin dan keyakinan untuk terus bertahan pada akar yang selama ini memeluk dan menjaga kita, negara Indonesia. Adalah tenong, sebuah wadah khas tanah air yang berfungsi untuk membawa makanan ketika bepergian.

Bedanya dengan rantang adalah tenong dibawa dengan cara dijunjung di kepala. Selain itu, Tenong tidak selalu bersusun dan berbentuk bulat. Tenong bisa berbentuk oval, bahkan persegi empat. Tergantung daerahnya, tenong dapat terbuat dari bermacam jenis bahan. Entah itu bambu, kayu, anyaman, tembaga, sampai logam perak dan kuningan.

x004_001_285_pic.jpg.pagespeed.ic.Bjc1vw-_MC.jpg
dewimagazine.com

Berangkat dari konsep wadah yang menyimpan berbagai makanan Tenong ini hadir di tengah-tengah kita,  Tenong bisa berati tempat berkumpulnya orang-orang, bisa juga kependekan dari Tempat Nongkrong.  Pas kan?

Disini tersedia berbagai macam jenis makanan, didominasi oleh menu non-halal.  Tapi ngga usah kuatir masih banyak juga menu-menu lainnya.

Posisinya berada di Jalan Karapitan No.75 Bandung terletak di sisi kanan jalan (lalu lintas di jalan ini satu arah).  Mudah dikenali karena bangunannya cukup membawa aksen untuk lingkungan sekitar IMG_8192.JPG

Ruangannya cukup untuk menampung beberapa meja standar, ada juga deretan meja yang agak tinggi dan di bagian depan terdapaty meja kreatif, yaitu menggunakan ban mobil bekas yang bagian atasnya dipasang kaca sebagai topping.  Untuk yang mau menggunakan VIP room ngga usah kuatir, tersedia juga satu ruangan di bagian belakang untuk meeting kecil atau arisan.

IMG_8193

Samcan Crispy

IMG_8187

Samcan di Tenong Cilukba ini dibagi dalam porsi besar, sedang dan kecil.  Kita bisa memilih sesuai dengan keinginan.  Kulitnya garing, dagingnya lembut…. mantap!

Siomay

IMG_8189

Homemade siomay disini juga ngga boleh ketinggalan, rasanya lembut, apalagi dinikmati dengan cocolan sambelnya……

Sate Babi

IMG_8185

Baso Goreng

IMG_8205.JPG

Baso goreng ini bisa dipastikan akan lebih didominasi oleh rasa dagingnya.  Satu porsi berisi 3 butir beserta sambelnya….

 

Cingcau Hitam Gula MerahIMG_8184

Menu cincau itu biasa dan banyak terdapat pada cafe, restoran, maupun gerobak pinggir jalan.  Tapi disini itu beda, selain cincaunya adalah homemade, bentuknya adalah berupa irisan bukan kotak-kotak seperti biasanya.  Rasanya menyegarkan, karena selain diberi kucuran lemon, diberikan juga potongan gula aren sebagai pemanisnya.  Jadi ini perpaduan lembut dan kriuk-kriuk manis bercampur dalam satu mangkok.

Maenya Patakar

IMG_8202

#Pepes atau #pais adalah suatu cara khas dari #Jawabarat untuk mengolah bahan #makanan (bisa #ikan, #tahu, #jamur) dengan bantuan daun #pisang untuk membungkus beserta bumbunya. Bumbu dan #rempah dihaluskan, ditambah daun #kemangi, #tomat, dan #cabe serta rempah lainnya. Semua dibungkus dengan daun pisang dan disemat dengan 2 buah tusuk bambu kecil di setiap ujungnya. Bungkusan ini lalu dibakar (dipepes) di atas #api atau bara api #arang sampai mengering. @maenya_patakar ini bikin nagih, makan jadi lebih berselera karena racikan pas dan dibuat dari bahan pilihan.  Bisa dicek di menu Tenong Cilukba ini.

Ayo tunggu apalagi, segera meluncur ke tekape.  Oh ya, yang demen berpantung boleh juga tongkrongin instagram atau facebooknya, dijamin terhibur….

Jalan jalan ke taman safari

Lihat berbagai binatang buas

Yang kumplit Tenong Babi

Perut kenyang hati puas

TENONG CILUKBA – Standar Nongkrong Indonesia

Jalan Karapitan 75

Bandung

Phone: 0812 1490 5000

Line: @tenongcilukba

Blackberry: 5C8F81FC

Instagram: @tenongcilukba

FB: tenongcilukbabandung

 

Advertisements