Apa itu Bak Kut Teh ?

Bak Kut Teh adalah sup daging babi yang bertulang (biasanya daging iga) dimasak dengan rempah-rempah dan bahan tambahan. Rempah yang digunakan antara lain kayu manis, lada, asam kandis, cengkeh, dang gui, ang co dan berbagai obat-obat Tionghoa. 

Menurut sejarah dari salah satu versi, bak kut teh diciptakan awal abad ke 20. Makanan ini merupakan makanan kuli pelabuhan. Daging yang dipakai adalah daging bertulang yang merupakan sisa penjualan daging. Sup daging ini dimasak dengan berbagai rempah dan obat-obatan sebagai tonik dengan harga yang terjangkau oleh para kuli kasar itu. 

Makanan ini sangat digemari di kalangan Tionghoa Kepulauan Riau. Bak kut teh versi Kepulauan Riau adalah versi orang Teochew / Chaozhou. Versi Teochew ini warna supnya bening dan memakai lebih banyak lada. Selain versi teochew, ada juga bak kut teh versi Hokkian dan Khonghu. Versi Hokkian memakai kecap asin yang lebih banyak, sesuai selera mereka terhadap citarasa asin. Versi orang Khonghu memiliki warna sup yang paling gelap karena ditambahin berbagai macam obat dan rempah.

Bak kut teh biasanya dimakan dengan nasi putih, cakwe, teh, potongan cabe rawit hijau yang dicelup ke kecap asin. Teh yang dipakai biasanya adalah teh tieguanyin. Karena rasa tieguanyin mampu mengimbangi rasa bak kut teh. Selain itu teh tieguanyin juga manjur untuk mengatasi lemak berlebih dalam bak kut teh.

Berdasarkan sejarah singkat di atas mari kita buktikan kebenarannya di Song Fa Bak Kut Teh di Indonesia. Song Fa Bak Kut Teh Indonesia adalah cabang dari restoran serupa dari Singapura yang berdiri tahun 1969.

IMG_8408.jpg
Song Fa Bak Kut Teh Maxx Box Lippo Village, Karawaci

Pork Ribs Soup

Inilah menu andalan Song Fa Bak Kut Teh. Sup iga babi dengan kuah bening dan citarasa sederhana namun mampu tampil secara maksimal.  Kuahnya lebih didominasi oleh rasa merica, bawang putih, dan garam.  Tentunya banyak rempah lain yang dicampurkan disini.

IMG_8414.jpg
Pork Ribs Soup

Daging babi yang bertekstur namun tidak keras, butiran bawah putih yang sangat lembut rupanya tampil sempurna dalam siraman kuahnya. Oh ya, kuahnya boleh refill loh….

Cakue

Salah satu pasangan yang paling pas dalam menyantap bak kut teh adalah cakue. Potongan cakue bisa kita celupkan ke dalam kuah ataupun bisa kita cocol dulu ke kecap asin berisi cabe rawit… mantap….

IMG_8410.jpg
Dough Fritters / Cakue

Plain Mee Sua

Sengaja saya tidak memesan nasi putih sebagai teman makan bakut, tapi kali ini memesan misua.

IMG_8413.jpg
Plain Misua

Misua polos ditemani kuah yang sama dengan Bak Kut Teh, beberapa butir bawang putih dan sayur selada akan membuat makan kita mennjadi sempurna.  Dan lagi-lagi kuah bisa refill

Braised Pork Belly

Untuk menyempurnakan makan  disini, ada beberapa pilihan menu lainnya yang sangat beragam.  Salah satunya adalah Braised Pork Belly (hong shao rou, 红烧肉), atau “red cooked pork” adalah hidangan samcan babi yang empuk, lembut dan rasa manis yang sangat seimbang.  Tanpa harus bersusah payah menggigit, samcan akan langsung meluncur ke dalam perut..

IMG_8411.jpg
Braised Pork Belly

Tea / Teh

Seperti disebutkan dalam sejarah singkat di awal tulisan ini, peranan teh dalam setiap acara makan adalah sebagai penyeimbang yang mengatasi lemak berlebih dalam makanannya.  Teh jasmin dihidangkan dalam teko kecil dan gelas yang kecil.  Sebelum disajikan, pelayan akan mencuci gelas-gelas itu dengan menyiramkan sebagian teh.  Kemudian teh itu akan dibuang dan baru kita bisa mencicipinya.

IMG_8416.jpg
Jasmine Tea

Sempurnalah sudah makan kali ini, dan apa yang dikatakan sejarah berpuluh-puluh tahun sebelumnya rasanya sudah terbukti dengan perut yang kekenyangan 🙂

Song Fa Bak Kut Teh ini tidak hanya terletak di satu lokasi saja, mari kita cek…

www.songfa.co.id

Ozone Mall

L01 – 05 & 05A

Jl. Pantai Indah Kapuk Utara 3

Pantai Indah Kapuk | Jakarta Utara 14660

Tel: +622129673670

Jayakarta Food Place

Ground Floor

Jl. Labu No 1 – Mangga Besar | Jakarta Barat

Tel: +62216390951

Central Park Mall

3rd Floor Unit No. 123

Jl. Letjen S. Parman Kav. 28 | Grogol Petamburan | Jakarta Barat 11470

Tel: +62 21 2920 1020

Maxx Box Lippo Village Karawaci

Ground Floor #GF08 – GF08T

Jl. Boulevard Jend. Sudirman 1110 | Lippo Village | Tangerang 15811

Tel: +62 21 2917 1822

Advertisements