Sate telah menjadi makanan yang populer secara luas di berbagai belahan dunia, hal ini menjadikan orang tertarik untuk mengetahui asal mula hidangan populer ini:

“Meskipun Thailand dan Malaysia menganggap hidangan ini adalah milik mereka, tanah air sate yang sesungguhnya di Asia Tenggara adalah Jawa, Indonesia. Di sini sate dikembangkan dari adaptasi kebab India yang dibawa oleh pedagang muslim ke Jawa. Bahkan India tak dapat mengakui sebagai asal mulanya karena hidangan ini merupakan pengaruh Timur Tengah.” — Jennifer Brennan (1988)

Kata “sate” atau “satai” diduga berasal dari bahasa TamilDiduga sate diciptakan oleh pedagang makanan jalanan di Jawa sekitar awal abad ke-19. Teori lain mengusulkan bahwa asal kata sate berasal dari istilah Minnan-Tionghoa sa tae bak (三疊肉) yang berarti tiga potong daging. Akan tetapi teori ini diragukan karena secara tradisional sate terdiri atas empat potong daging, bukan tiga. Dan angka empat dianggap bukan angka yang membawa keberuntungan dalam kebudayaan Tionghoa. Warga Tionghoa Indonesia juga mengadopsi dan mengembangkan sate sesuai selera mereka, yaitu sate babi yang disajikan dengan kecap manis dengan tambahan bumbu-bumbu Tionghoa, sehingga sate Tionghoa memiliki cita rasa seperti hidangan daging panggang khas Tionghoa.

Referensi: Wikipedia

Jika Anda penggemar sate babi, salah satu referensi yang bisa dijadikan andalan adalah Sate Babi Arang.  Saat ini bisa dipesan melalui online.  Pastikan anda memesan satu hari sebelum tanggal pengiriman karena dibutuhkan waktu untuk mempersiapkan suatu sajian yang perfect.

Pesennya bisa melalui telepon atau sms dan bahkan Whatsapp  di nomor 0851-0122-1955 ke Tante Sian Eng. Jenis pembayaran bisa COD atau transfer. Agar bisa menikmati pelayanan delivery ketentuannya minimum memesan 10 tusuk.

Buat yang mau transfer, silahkan ke BCA dengan nomor rekening  176 1087 695 atas nama: Sanny Sulistiany Tanu

Instagram: @satebabiarang

Sebagai tambahan referensi untuk meyakinkan anda, Sate Babi Arang ini menjadi salah satu peserta di Pork and Roll Food Festival at Tribeca Plaza, Central Park Mall pada tanggal 30 April – 1 May 2016 yang lalu, dan SOLD OUT…..

IMG_8300
oink oink

Berikut adalah daftar menu Sate Babi Arang, update harga Mei 2016:

Sate babi manis – 9,500

Sate babi manis minyak 2 – 10,000
Sate babi manis tanpa minyak – 11,000
Semua tersedia rasa pedas

Sate babi manis super (daging lebih empuk) – 16,000
Sate babi manis super tanpa minyak – 18,000
Semua tersedia rasa pedas

Sate Minyak – 6,000

Tambahan:
Sambal Goreng Babi
Oseng babi bakar extra pedas
Bakut Sayur Asin
Ayam Jahe

Advertisements