Rumah makan dengan menu Jepang banyak sekali bertumbuhan, ada yang spesialis di bidang ramen, sushi dan sashimi, fine dining dang lainnya.  Pada kesempatan ini saya berkunjung ke Tontoki di MidPlaza Tower Sudirman (Jakarta Pusat).  Sebuah restoran Jepang dari Kawano Group yang dibuka 15 Mei 2015.

Kawano Group adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang bisnis food and beverage yang mengutamakan 100% kualitas home made terbaik dan kuliner di segmen Japanese, antara lain KADO++, Sakana, honZen, dan lainnya.

Terletak di area basement gedung MidPlaza Tower 1, Sudirman.  Dari penampilan pandangan pertama, Tontoki terlihat sangat jadul dan konvensional.  Begitu kita masuk ke dalam, ruangannya sangat kecil, atmosfernya begitu memukau sehingga kita merasa betul-betul ada di Jepang pada abad 15.  Suasana dekorasi kayu dan elemen lainnya mengingatkan kita pada periode Edo.

IMG_8450.jpg

Saat kita masuk hanya terlihat satu lorong kecil saja.  Kita akan diarahkan untuk masuk ke area kanan dimana terletak beberapa meja dengan log shaped seating.  Plafond ruangannya sangat rendah dengan pencahayaan kuning. Betul-betul berasa di sebuah rumah di Jepang sesungguhnya.

IMG_8447.jpg

Sebetulnya selain ruangan ini kita bisa juga menikmati makan di lantai dua, tetapi ruangan ini hanya dibuka apabila kapasitas di bawah sudah tidak mencukupi.  Mari sekarang kita lihat makanannya.

Menyediakan menu dengan SELURUHNYA BABI , maka tidak berlebihan jika tag line dari Tontoki ini adalah For All Diners With Special Pork Needs. Untuk makan siang, disini menyediakan menu paket, sedangkan malam hari disediakan menu standar.

Tontoki Don

Menu bowl ini menyajikan pork belly dalam mangkok berisi nasi dalam porsi jumbo.  Potongan lemak babi yang besar dan tebal, dengan saus teriyaki yang pas dan seimbang menghasilkan komposisi warna coklat mengkilat.  Membuat mulut ngga bisa terkontrol mau langsung menghabisi itu si babi….

IMG_8448.jpg

Rosu Katsu

Rosu Katsu adalah menu deep fried pork sirloin cutlet.  Babi yang digoreng tepung menghasilkan kriuk-kriuk sempurna berpadu dengan lembutnya daging.  Ditambah dengan teman kentang goreng yang disajikan sempurna dengan rasa asin yang pas.

IMG_8446.jpg

Yaki Gyoza

Gyoza di Jepang adalah kuotie dalam masakan Chinese Food.  Berisi 8 buah gyoza dalam satu porsi.  Dengan isian daging babi cincang, daun bawang, kol, bawang dilapisi kulit yang digoreng kering tapi tanpa minyak yang berlebihan. Sebelum melahap, gyoza bisa dicocol dengan sedikit sesame oil, soya sauce dan bubuk cabe… very juicy…

IMG_8443.jpg

Untuk memperkaya referensi mengenai Tontoki ini, saya meng-capture beberapa foto dari beberapa sumber

TONTOKI_屯登木__MidPlaza__Jakarta_-_FOOD_ESCAPE__INDONESIAN_FOOD_BLOG.jpg
Shirukake Gohan with Butaten | Rice in Pork Soup with Tempura | thefoodescape
TONTOKI_屯登木__MidPlaza__Jakarta_-_FOOD_ESCAPE__INDONESIAN_FOOD_BLOG 2.jpg
Onigiri Buta Miso | thefoodescape
TONTOKI_屯登木__MidPlaza__Jakarta_-_FOOD_ESCAPE__INDONESIAN_FOOD_BLOG 3.jpg
Buta Hakusai Nabe | Pork and Chinese Cabbage in Hot Pot | thefoodescape

Dengan menu yang sangat mantap, tidak tertutup kemungkinan untuk datang lagi dan lagi, apalagi pelayanannya cepat dan ramah… keren…

So, kalau boleh memberi penilaian, saya kasih

SCORE TOTAL : 9,5/10

Tontoki 

MidPlaza 1 Bulding, Basement Floor

Jln. Jend. Sudirman Kav. 10-11

Jakarta

Phone +62 21 251 4585

Opening Hours:

Mon-Sat

Lunch 11.30 AM – 2 PM

Dinner 6 PM – 10 PM

Advertisements