Seringkali kalau kita berada di mall kota-kota besar, kita akan melihat suatu kondisi yang kurang lebih mirip satu dengan yang lainnya. Gerai makanan yang sama, butik yang sama, dan apalagi jika melihat foodcourt-nya pasti kurang lebih mirip.

Tapi kunjungan kali ini boleh dibilang cukup unik, karena bisa menemukan sebuah restoran yang menyajikan kuliner peranakan yang mantap. Masakan peranakan adalah masakan yang menggabungkan pengaruh Tionghoa, Melayu dan lainnya menjadi perpaduan yang unik.

Orang Peranakan adalah keturunan migran asal Tiongkok awal yang menetap di Penang, Malaka, Indonesia dan Singapura. Kemudian mereka melakukan pernikahan dengan orang Melayu lokal. 

Peranakan Tionghoa.jpg
Nyonya

http://jelajah-nesia.blogspot.co.id/2012/11/tauwa-kuliner-peranakan-tionghoa-di.html

Kunci kelezatan masakan peranakan terletak pada rempah-rempah yang digunakan sebagai bumbu. Beberapa juru masak sangat memperhatikan detail saat mereka memasak menu peranakan. Misalnya, cara memotong sayuran harus disesuaikan dengan makanan yang ingin dimasak. Demikian pula dengan jenis wajan, harus disesuaikan dengan jenis masakan yang hendak dimasak, dan tentu saja jenis piring ataupun mangkuk yang bakal digunakan untuk menempatkan makanan. Beberapa nama pada menu peranakan memiliki makna filosofi tertentu.

Potret Peranakan_02.jpg

http://jelajah-nesia.blogspot.co.id/2012/11/tauwa-kuliner-peranakan-tionghoa-di.html

Namanya restorannya adalah Seroeni. Restoran ini memiliki beberapa cabang, tetapi kali ini terletak di Lippo Puri Mall.  Melihat gambar pada menunya saja sudah sangat menggiurkan.

IMG_8502.jpg

IMG_8501.jpg

 

Dan akhirnya setelah memilih cukup lama saya mengambil keputusan untuk memesan Crispy Enoki, Mayonnaise Prawn: udang oreng tepung dengan saus mayonaise, disajikan dengan kentang goreng renyah, sangat mantap!

Lalu pesanan berikutnya Mee Mamak, Balachan Chicken, Zha-Jiang Tofu: tahu dengan siraman daging sapi cincang dan saus gurih disertai dengan sayuran, wuihhhhh slurrpppp… Kemudian Ebi String Bean: tumis buncis dengan campuran ebi yang mantap, dilanjutkan dengan Long-An Beef: daging sapi dibalur dengan tepung, digoreng garing dengan saus andalan Seroeni dan ditaburi dengan buah longan yang kenyal dan manis serta wijen, emang ga ada  yang ngalahin.  Menunya cukup banyak karena yang makan lebih dari 4 orang dan porsinya boleh dibilang agak medium menuju small.

IMG_8511.jpg
Zha-Jiang Tofu
IMG_8510.jpg
Crispy Enoki
IMG_8509.jpg
Ebi String Bean
IMG_8508.jpg
Mee Mamak
IMG_8512.jpg
Balachan Chicken
IMG_8514.jpg
Lon-An Beef
IMG_8513.jpg
Mayonnaise Prawn

 

Seroeni

Plaza Senayan

Level 3 Unit 338-B Afrika No.8

Jl. Stadion Senayan, Gelora, Jakarta, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Telepon: (021) 5725187

Pondok Indah

Seroeni Pondok Indah

Street Gallery, Lantai 2, Jl. Metro Pondok Indah, Pondok Indah, Jakarta

Telepon: (021) 29529731

St. Moritz – Lippo Mall Puri

Lantai 1
Jl. Puri Indah Boulevard Blok U1, Puri, Jakarta Barat

Telepon: (021) 29111278

Advertisements