Indonesia adalah sebuah negara yang sangat kaya dengan budaya, tempat wisata dan wisata kuliner yang tentunya bisa membuat lidah orang-orang yang mencicipinya bergoyang karena rasa makanan khas indonesia yang banyak sekali variannya.

Dalam wisata kuliner ke Cirebon ini ada beberapa daftar makanan khas yang wajib untuk dicoba  jika anda sedang berkunjung.  Meluncur dari Tol Pasteur dan menyusuri Jalan Tol Cipali, jarak yang begitu panjang menjadi tidak begitu terasa.

Berikut ini adalah rangkumannya….

Empal Gentong Amarta

Empal Gentong Amarta ini dipilih karena letaknya persis di jalur masuk ke Cirebon.  Walaupun hari masih pagi, rasanya ngga ada salahnya mencicipi makanan yang cukup berat. Empal gentong ini adalah gulai daging sapi yang saat proses pemasakan di masukkan kedalam gentong.

Menu makanan andalan tempat ini adalah empal asem yang mempunyai kuah bening yang di dalamnya juga terdapat belimbing wuluh, daun bawang, irisan daging dan tomat yang segar membuat rasa dari empal asem ini enak banget. Tekstur daging yang di sajikan sangat lembut sehingga kita tidak perlu mengeluarkan usaha yang cukup keras dalam memakan daging tersebut. Selera makan kita akan meningkat saat anda mencium aroma lezat dari empal asem ini.

Jl. Ir H Juanda No. 37, Plered, Jawa Barat

Telepon:0813-2429-3392

Nasi Jamblang Pelabuhan

Salah satu tempat makan nasi Jamblang khas Cirebon yang populer di kota Cirebon adalah di warung makan miliki Ibu Hj, Sumarni, atau yang lebih terkenal dengan sebutan Nasi Jamblang Pelabuhan karena lokasinya yang terletak di salah satu spot areal pelabuhan kota Cirebon. Dan hingga kini, Nasi Jamblang Pelabuhan masih menjadi salah satu nasi Jamblang idola di kota Cirebon.

Menu ini adalah makanan yang berasal dari Jamblang, sebuah daerah yang berada di barat Kota Cirebon. Nasi jamblang atau sega jamblang ini biasanya di sajikan dalam bungkusan daun jati. Untuk lauknya ada banyak sekali yang bisa dikombinasikan, seperti tahu, sayur, sambal goreng, semur, ikan asin, tempe dan tahu.

 

Es Kopyor 4848

Cuaca kota Cirebon yang panas membuat kita ingin mencicipi minuman dingin yang menyegarkan.  Nah salah satunya adalah es kopyor 4848.  Kenapa namanya seperti itu? Karena tempatnya bergabung dengan kantor mobil cummuter pertama yang bernama 4848.

DSC01022

Mudah ditemui karena terletak di pusat keramaian dan kita akan melihat dekorasi vespa yang mencolok warnanya dari depan.  Oya, selain es kopyor disini juga menjual gula sirop handmade, rasanya mirip tjampolay. Seger………

 

Nasi Lengko H.M Sadi

Nasi lengko bagi masyarakat Cirebon adalah hal yang sudah menjadi kebiasaan. Meskipun membuatnya mudah, tetap saja banyak orang datang ke warung nasi lengko untuk menikmati sepiring nasi khas kota Cirebon ini. Nasi lengko memang sederhana. Hanya nasi yang diberi gorengan tempe, tahu, irisan timun, kemudian diberi bumbu kacang di atasnya, plus kerupuk.

Ada satu penjual nasi lengko yang sudah lama sekali dan banyak sekali pelanggan setianya. Namanya Nasi Lengko HM Sadi. Lokasinya berada di mulut gang Alas Demang I, Jalan Pagongan, Cirebon. Lengko Pak Sadi ini sudah ada dari tahun 1960-an, tetapi sekarang dikelola oleh anaknya yang bernama Pak Waras Suyatno. Dan sampai sekarang masih saja ramai seperti dulu.

Tidak hanya berjualan nasi lengko, tetapi juga ada sate kambing.  Menambahkan sate kambingnya sebagai lauk nasi lengkonya, dijamin lebih mantap. Daging kambingnya empuk, tidak alot. 

IMG_8757

 

continue to part 2………

Advertisements