lanjutan dari part 2….

Toko P&D Ruby

Kue merupakan makanan ringan yang disukai banyak orang. Kue di Indonesia sekarang ini hadir dalam berbagai macam varian. Baik kue kering maupun kue basah, baik yang manis maupun yang asin, kue seringkali dijadikan kuliner andalan untuk dibagikan sebagai snack atau makanan ringan dalam berbagai acara atau keperluan.

Di Cirebon, ada satu toko kue yang sudah lama berdiri dan masih bertahan sampai sekarang bahkan semakin berkembang. Adalah Toko Kue “Ruby” yang selama puluhan tahun menjadi idola masyarakat Cirebon yang ingin membeli berbagai macam kue untuk berbagai macam keperluan.

Yang mantap disini adalah roti isi ayamnya.  Dibanderol seharga Rp.9500,00 untuk sebuah roti ayam yang empuk, gurih, dan roti yang lembut.  Isian ayamnya tidak terlalu asin dan berminyak. Rasanya pas…. tapi kalau makan cuma satu itu ngga pas…. 🙂

IMG_8759IMG_8760

Jl. Tentara Pelajar, Pekiringan, Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat

Mie Koclok Mang Sam

Hari sudah larut malam, dan trip kuliner ini masih belum habis.  Untuk makan malam kitga coba melipir ke tempat mie koclok.  Ya…. ini ngga salah ngetik, betul mie koclok.Kita mengunjungi salah satiu mie koclok yang cukup kondang yaitu Mie Koclok Mang Sam, terletak di area Pekiringan, berdiri di trotoar di muka ruko.

Mie koclok adalah mie rebus yang ditambahkan  irisan kol dan toge, kemudian disiram kuah putih kental. Sajian mie kemudian diberi suwiran daging ayam, bawang daun dan bawang goreng serta dilengkapi potongan telur ayam. Kuah putihnya merupakan paduan tepung maizena, kaldu ayam, santan kental serta bumbu lainnya. Rasa asin gurih segera bergulung di mulut ketika kuah mie koclok ini kita seruput. Rasa dan teksturnya unik,  membuat mie koclok ini menjadi spesial, apalagi makanan yang satu ini sulit ditemukan di luar kota Cirebon. 

IMG_8763IMG_8764

IMG_8769

Menu lain yang disediakan di Mang Sam ini selain mie koclok adalah Mie-Do dan Hun-Do.  Apa pula ini? Ngga usah kuatir, ini adalah makanan fusion, merupakan gabungan dari mie atau bihun dengan gado-gado.  Menu ini unik karena hampir bisa dipastikan tidak ada di luar Cirebon.  Rasanya? Asin gurih dari saos kacang berpadu sempurna dengan bihun, apalagi ditambah kerenyahan dari emping yang ditabur dengan porsi cukup banya.  Mang Sam ini memang TOP…

IMG_8770

Sate Kalong

Lapar di tengah malam? Saatnya mencoba makanan yang satu ini, sate kalong. Sate ini bukan terbuat dari kelelawar atau kalong. Ini hanya sebutan dalam artian baru buka saat malam hari, alias sama dengan jam-nya si kelelawar.

Sate kalong dibuat dari daging kerbau. Pemilihan daging kerbau bukan tanpa sebab. Selain untuk membuat beda dengan sate lainnya, juga karena dahulu masih cukup banyak pemeluk agama Hindu di Cirebon. Untuk menghormati mereka yang tidak memakan sapi, dipilihlah daging kerbau ini untuk dibuat sate.

Sebelum proses pembakaran, daging kerbau dicelupkan ke bumbu rempah-rempah yang dicampur gula, sehingga akan berasa sedikit manis. 

IMG_8765IMG_8771

 

Ketan Bumbu Ibu Lany

Salah satu destinasi jajanan di Cirebon adalah ketan bumbu Ibu Lany.  Rasanya benar-benar unik, ketannya tidak terlalu keras dan lengket. Bumbunya pun terasa manis, gurih, dan sedikit pedas.  Konon katanya ketan ini merupakan favorit dari mantan presiden SBY.

IMG_8779

Untuk memesannya diperlukan sedikit perjuangan, karena harus dilakukan satu minggu sebelum keberangkatan.  Tapi semuanya akan terpuaskan ketika kita mencicipinyua.

Ketan gurih Ny. Lany

Cirebon order: +62 231 2078465 / +62 8121485280 (sms & call only)

Jakarta order: +62 8122405384 (sms or WA)

Line: listya_nurina

Advertisements