Beberapa restoran Chinese Food di Bandung pada umumnya mengusung jenis masakan dengan gaya Cantonese.  Hanya sedikit yang mengusung jenis yang lain, salah satunya Restoran Cong Mang Ke di Mekar Wangi Bandung yang mengandalkan ciri khas Shanghai.

Awalnya agak ragu juga untuk masuk kesini, karena walaupun setiap hari selalu melewatinya, hampir ngga pernah melihat pengunjung yang ramai edang makan disana.  Dan sebagai seorang yang penasaran dan epengen mencicipi sesuatu yang baru, akhirnya diputuskan juga untuk segera mencicipinya.  Dan asumsi selama ini ternyata sangat-sangat keliru.  Makanannya luar biasa mantap!

IMG_8863.jpg

Ini chef yang masaknya emang asli orang Tiongkok, berasal dari suatu daerah di Shanghai.  Kayanya sih ngga begitu paham ngomong bahasa Indonesia, jadi selalu ada asisten yang membantu menjelaskan jenis masakan yang ingin kita pilih.

Babi Hong

IMG_8658
Babi Hong

Dengan penampilan seperti ini hampir bisa dipastikan sangat menggoda siapapun yang melihatnya.  Daging babi dipotong dan susun menyerupai piramida dan bagian bawahnya di kelilingi oleh sayuran.  Rasanya manis sedang, daging babinya super empuk karena proses memasak yang cermat sehingga seluruh bumbu menyerap ke seluruh permukaan.  Apalagi samcannya, saking empuknya langsung meluncur ke dalam perut….. recommended!

Pork Knuckle

IMG_8660
Pork Knuckle

Menu yang satu ini bisa dibilang yang wajib Anda pesan ketika berkunjung kesini.  Tulang kaki babi ini mempunyai daging yang crispy pada bagian kulit, sangt empuk dan lembut di bagian dagingnya.  Apalagi digabungkan dengan cocolan saus kecap… hmmm…… recommended!

Kuluyuk Babi

IMG_8669
Kuluyuk

Jenis menu kuluyuk ini sudah pasti menjadi menu umum pda setiap restoran Chinese Food.  Biasanya daging ayam/babi digoreng tepung hingga garing dan disiram dengan kuah asem manis.  Nah disinilah letak perbedaannya dengan resto yang laen.  Kalau yang laen kita akan merasakan dominasi rasa tomat dan nenas pada kuahnya, sedangkan yang ini kita akan merasakan sensasi tomat dan lemon yang sangat dominan.  Hasilnya? Bisa dipastikan rasa asam yang dihasilkan ini akan membuat kita merasakan sensasi segar……

Sapi Kentang Kuah Kecap

IMG_8668
Sapi kentang

Menu ini termasuk yang mempunyai cita rasa “bold”.  Kentang rebus yang ada pada menu bisa diganti dengan lobak, dimasak dengan daging sapi yang dipotong tipis dan diberi kuah kecap.

Chinese Fast Food

Selain menyajikan menu diatas, CMK juga menyediakan menu makanan seperti kanti nasi rames pada umumnya.  Kita bisa memilih jenis sayur dalam porsi kecil dan harganya ditemtukan dengan seberapa banyak menu dan jenis lauk yang kita pilih.  Disini ada tahu sayur asin, bakut paria kuah, babi cah bumbu ikan, dll…. Semuanya recommended !

 

Don’t judge a book by its cover.  Begitu kata pepatah, jangan menilai sesuatu dari penampilannya saja.  Tempat makannya emang biasa aja, tapi ini kualitas dan rasa makanannya sangat menakjubkan….. saya kasih nilai 9/10. Xie Xie

 

Cong Mang Ke / Dapur Mekar Wangi

Jln. Mekar Wangi 30, Bandung

Phone: 022- 5210 775 | 0851 070 337333 | 0853 2323 4511

 

Advertisements