Perjalanan kali ini sebetulnya untuk kepentingan pekerjaan.  Tetapi bagi saya, walaupun didominasi business trip, urusan kuliner harus jalan terus dong.  Karena Rantau Prapat lokasinya terlalu jauh dari Medan, maka diputuskan untuk mendarat di Silangit Airport, sebuah bandara yang baru saja beroperasi April 2016.  Terletak di kawasan pegunungan dan hutan yang masih sangat luas, prediksi saya daerah Siborongborong, Tapanuli Utara ini pasti akan maju pesat.  Terlebih Presiden Jokowi sudah mencanangkan Danau Toba sebagai destinasi andalan untuk Indonesia di masa yang akan datang.

IMG_9136

Rantau Prapat adalah ibukota kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara. Kota ini bagi beberapa orang sering dirancukan dengan Parapat, tapi bukan, kota Rantau Prapat terletak 288 km dari Medan. Sedangkan Prapat berjarak sekitar 176 km dari Medan, dekat Danau Toba.

IMG_9137

Kabupaten Labuhanbatu adalah salah satu kabupaten yang ada di provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Ibu kota kabupaten ini terletak di Rantau Prapat. Kabupaten Labuhanbatu terkenal dengan hasil perkebunan kelapa sawit dan karet.

Berangkat dari Siborongborong jam 10 pagi, lama perjalanan kurang lebih 5 jam. menuju Rantau Prapat menggunakan mobil. Sepanjang jalan kanan kiri hutan dan kota kecil. Menyusuri jalanan berkelok seolah ngga tau kapan berakhirnya, tapi pemandangannya luar biasa tjakep…

65_big.jpg
Jalanan yang berkelok-kelok

Kita melewati Toba Pulp, sebuah pabrik kertas yang luar biasa besarnya.  Setelah itu melewati juga sungai Asahan, Inalum pabrik pengolahan alumunium di Indonesia, juga Bendungan Sigura-gura. Bendungan ini merupakan salah satu bendungan terbesar di Indonesia. Berfungsi untuk menjamin ketersediaan volume air dan besarnya energi air yang diperlukan bagi pembangkit tenaga listrik di PLTA Sigura-gura.

Pengalaman yang menakjubkan

mdh.1423092018.jpg
Sungai Asahan

 

images.jpg
Air terjun Sigura gura – metrosiantar.com

Akhirnya tiba juga di Rantau Prapat… fiuh…. Ternyata kota kecil ini ngga ‘kampung’ amat seperti yang saya bayangkan sebelumnya.  Disana sudah ada Breadtalk, Jco, dan mulai bermunculan pusat perbelanjaan dan hotel yang cukup baik.

IMG_9149
Hotel Platinum di pusat kota

Nah… setelah beristirahat beberapa saat, akhirnya kita memutuskan untuk mulai mencari makan.  Pilihan jatuh ke sebuah restoran Chinese Food di pusat kota, Jalan Jenderal Sudirman.  Restoran ini merupakan legenda juga, karena sudah sejak lama  bertahan dan menjadi idola masyarakat Rantau Prapat.

restoran_danau_toba_rantau_prapat_-_Google_Search.jpg

Restoran ini selain menyajikan menu chinese food, juga menyediakan makanan khas Sumatera Utara/Batak.  Rasanya mantap, ada menu babi, dan porsinya cukup lumayan untuk menenangkan perut setelah hari yang melelahkan.

Aahh kenyang…. perjalanan yang melelahkan, bertemu beberapa orang untuk membahas beberapa tugas, makan enak, saatnya tidur… karena besok go to Medan… yeaayyyyyy……

 

 

 

Advertisements