Untuk yang pernah melakukan kunjungan ke Medan pasti tidak asing dengan masakan bernama Babi Panggang Karo atau disingkat BPK. Rata-rata rumah makan di Medan menyajikan BPK dengan cara yang serupa.  Tetapi ada satu rumah makan yang cukup unik, yaitu dengan menyajikan menu khas Sumatra Utara ini dengan sentuhan Korea, yaitu rumah makan Ondo Grill Batak.

Kenapa harus Korea? Rupanya pasangan pemilik rumah makan ini adalah gabungan dari dua negara. Sang istri berasal dari Korea, sementara suami asli Sumatera Utara, sehingga terciptalah sebuah kolaborasi yang unik. Berada di Jln. Pabrik Tenun, menempati sebuah rumah sederhana bergaya tempo dulu. Rumahnya luas dengan tempat duduk yang cukup banyak. Pengunjung dapat memilih tempat duduk di area dalam rumah maupun di luar atau di bagian kebun belakang yang tetap menggunakan penutup pada bagian atasnya. Terasa sangat nyaman seperti di rumah sendiri dan sejuk meskipun tidak menggunakan AC sama sekali karena sirkulasi udara yang baik.

Ondo Grill Batak ini sangat ramai didatangi pengunjug, apalagi pada saat jam makan siang, karena tempat ini hanya buka sampai dengan pukul 18. Menunya sangat beragam dengan bahan dasar babi, meskipun ada jenis makanan lainnya. Di rumah makan Ondo ini, kita dapat mencoba sejumlah menu Babi, Kalbi panggang, Saksang babi, Ayam atau Babi goreng, Arsik ikan mas, ikan tombur, tulang rusuk goreng, sayur On Do, mapupun daun singkong.

00394137863A5B02C6CBB6mx.jpg

Karena merupakan gabungan dengan kebudayaan Korea, maka disini pun kita disajikan banchan.  Banchan adalah lauk-pauk sampingan dalam tradisi kuliner, dihidangkan di atas piring-piring kecil untuk dimakan oleh beberapa orang.  Dihidangkan dalam porsi kecil dengan maksud untuk dihabiskan sekali makan.

Beberapa jenis banchan yang saya coba adalah teri kecap, terong, usus babi, dan beberapa jenis lalapan beserta sambelnya… slurppppp….

 

Babi Panggang

Pastikan untuk memesan menu ini, karena ini adalah menu andalan di Ondo. Babi diiris tipis, kemudian dipanggang hingga garing dan renyah. Warnanya mengkilap, sangat menggoda. Kriuk…….

IMG_9206

Daun Singkong

Saya juga tidak lupa memesan daun singkong. Daun singkong dihancurkan menjadi potongan yang sangat kecil. Rasanya enak dan kuahnya gurih. Karena potongan daunnya kecil, tidak terasa seperti memakan daun singkong ketika menyantapnya.

IMG_9208

Tanggo tanggo

Tanggo tango adalah menu kebalikan dari babi panggang. Daging babi atau anjing dimasak dengan santan dan rempah-rempah antara lain jeruk purut, bawang merah, bawang putih, cabe, andaliman, dan lain-lain. asPotongan daging pada tanggo tanggo lebih besar dibandingkan dengan babi panggang. Mantap!!

IMG_9207

Sop Babi

Sop disini tidak berbeda jauh dengan sup standar yang kita temui sehari-hari.  Yaoitiu hidangan campuran sayuran, antara lain wortel, kentang, dengan kuah kaldu ayam atau sapi.  Yang membedakan adalah ditambahkannya potongan kaki babi yang gumpalan dagingnya sangat empuk dan menggoda.  Jangan lupa ambil sedotan dan langsung saja seruput sumsum di dalamnya…. endesssss…..

 

Minuman

Untuk minuman, saya memesan jus terong belanda. Rasanya sangat segar, dengan dominasi rasa asam. Jus ini sangat padat dan kaya sari jusnya .Setelah makan, ternyata saya diberikan complimentary  berupa secangkir minuman yang dibuat dari jahe dan sepiring semangka iris, sangat khas Korea. S

Selain itu, saat membayar saya juga diberikan permen karet merk Lotte. Nice service! Dengan memadukan style Korea dengan gaya Batak, menurut saya rumah makan ini berhasil menyajikan sesuatu yang berbeda dengan tidak menghilangkan ciri khas aslinya. All foods tasted delicious, perfectly cooked and well seasoned. So, Ondo really recommended by me if you go to Medan.

Ondo Grill Batak

Jln. Pabrik Tenun 45, Medan, Sumatera Utara

Phone:  (061) 4511608

Advertisements