Waktu pertama kali mengetahui ada tempat makan ala jepang di dalam Hotel Sany Rosa Bandung, rasanya agak ngeri juga karena untuk sekelas hotel biasanya makanannya punya harga yang selangit. Setelah mencobanya, ternyata cool! Harganya relatif terjangkau dengan kualitas prima.

Dan seiring dengan berjalannya waktu, kini restoran dan hotel ‘berpisah’. dalam artian sudah memiliki gedung sendiri walaupun masih dalam satu kompleks hotel.  Nama restoran ini Musouya Authentic Rice Bowl.  Andalannya  memang menu dengan bentuk nasi dan segala isiannya dalam mangkok.  Tapi menu lainnya ngga kalah mantapnya.

Lokasi hotel dan restorannya berada di Jalan Hegarmanah No. 2A.  Kesan pertama masuk ke restoran baru ini adalah elegan dan mewah, interior yang dibawa nuansa Jepang sangat spesifik. Dengan ornamen batu, kayu dan efek lampu yang baik sehingga kita benar-benar berada di Jepang sesungguhnya.

IMG_0316-2-1

IMG_0326-1.jpg

Nah, ini dia menunya….

Gyu Tataki Don

Ini utamaya adalah sajian daging sapi. Tataki sendiri artinya “pounded” atau “hit into pieces”.  Jadi ini adalah sajian daging sapi yang diiris cukup tipis yang di mixed dengan garnish seperti bawang, jahe, dan saus.  Dagingnya bisa kita atur tingkat kematangannya.  Untuk kali ini saya memesan dengan tingkat kematangan medium.  Karena buat saya, medium masih memiliki rasa juicy pada daging dibandingkan dengan welldone.  Tapi untuk sebagian orang, welldone juga dirasakan mantap.  So, ini hanya masalah selera.

IMG_0321-1.jpg

Dagingya lembut dengan balutan rasa yang tidak terlalu “tebal” sehingga kita masih bisa merasakan sensasi juicy dagingnya. Porsi nasinya untuk ukuran large boleh dibilang pas untuk ukuran saya. Ini mantap, boleh repeat orderkalau kemari lagi… slurpp…

Gyu Tan Don

LIDAH SAPI! Apakah kalian takut mencobanya? Gyu Tan Don adalah masakan khas Jepang yang menggunakan daging sapi yang menyelimuti nasi.  Makanan ini sekarang sedang hits loh di kota-kota besar terutama Jakarta. Banyak orang yang berbondong–bondong untuk datang ke beberapa restoran hanya untuk mencicipi makanan ini. Nah sekarang di Bandung pun ada yang ngga kalah….tepatnya ya di Musouya ini.

 IMG_0322-1.jpg

Lidah sapi  dipotong dengan teknik khusus agar menghasilkan lidah tingkat ketipisan yang sempurna. Dimasak dengan berbagai rempah dan dilengkapi dengan saus spesial, daun bawang, dan potongan cabai. Cita rasa bumbu tersebut meresap sempurna setelah Anda mengaduknya bersama nasi putih hangat. Hmmm….

Sauce Katsu Don

Katsu Don adalah masakan khas Jepang yang populer. Asal kata dari ‘katsu’ (カツ) yang artinya potongan daging, dan ‘don’ (丼) yang artinya mangkuk. Ada sebuah kepercayaan  di antara pelajar Jepang untuk makan katsudon di malam sebelum ujian (misal ujian masuk sekolah). Kok bisa? Karena kata ‘katsu’ berhomofon dengan kata bahasa Jepang lain, yaitu katsu (勝つ) yang artinya menang.

IMG_0323-1.jpg

Ketika disantap, lembutnya daging yang memiliki rasa gurih, berpadu dengan aroma wijen dan spesial sauce yang menggoda. Benar-benar sederhana namun cukup lezat untuk disantap.

Dashi Maki Tamago

Ini adalah menu yang sangat tradisional di Jepang, sangat cocok untuk makan malam maupun makan siang.  Dashi artinya kaldu, maki sendiri artinya “roll” sedangkan tamago dalam bahasa Jepang adalah telur.

Umumnya menggunakan penggorengan berbentuk segi empat, telur dikocok agar kuning telur bercampur dengan putih telur lalu digoreng selapis demi selapis sambil digulung dengan bantuan sumpit.

Rasanya sangat lembut, masih terasa unsur asin cuma tipis saja sehingga kita bisa melahap telur ini dengan porsi yang cukup banyak.

IMG_0320

Musouya Authentic Rice Bowl

Hegarmanah No. 2A, BAndung 40141

Open: Wednesday – Monday 11.30am – 03.00pm | 05.30pm-09:00pm (Tuesday off, Saturday till 10:00pm)

Phone: 022-2041873

IG: @musouya

FB: www.facebook.com/musouya

Advertisements