Berbicara mengenai jalan Braga, tentu kurang lengkap rasanya jika tidak mengetahui sejaranya, walaupun sedikit. Jalan Braga merupakan salah satu jalan di Kota Bandung yang sangat terkenal. Daerah konservasi budaya ini memang unik. Banyak bangunan di sepanjang jalan yang menyuguhkan kesan klasik. Gaya arsitektur Eropa membuat Braga mirip dengan suasana Eropa. Sudah sejak zaman Belanda jalan Braga menjadi tempat bergengsi. Jalan ini dipenuhi berbagai tempat belanja, cafe, dan tempat hiburan bergengsi kala itu.

Jejak kemegahan itu masih terlihat sampai sekarang. Masih banyaj kita jumpai bangunan tua yang indah di sepanjang jalan. Masih banyak toko yang ada juga masih menjual barang mewah berkualitas. Banyak juga sarana hiburan yang masih ramai, seperti pub, mall, tempat makan, hingga galeri lukisan di sepanjang jalan ini.  Dengan keindahan dan sejarah yang dimiliki maka Braga masih menjadi pusat tujuan wisata di Bandung hingga saat ini.

Berbicara memgenai kuliner Braga, ada cafe yang punya suasana yang asik dan nyaman. Namanya Braga Art Cafe (BAC). BAC ini memiliki desain yang kental dengan nuansa etnik. Ruangan didominasi oleh warna coklat yang dipadu dengan warna putih dan hitam yang membuat suasana cafe terasa lebih nyaman.

IMG_0733.jpg

Bangunan ini terdiri dari 2 lantai. Lantai bawah lebih berkonsep indoor,  menikmati hidangan sekalian menyaksikan acara di TV cable yang terletak di bagian bar.

img_0731-1

img_0734-1

Di lantai 2, suasananya lebih berkonsep semi outdoor dan terasa lebih lega. Disini lebih cocok  dijadikan sebagai tempat nongkrong dengan meja dan kursi panjang yang memang disediakan untuk pengunjung yang datang secara rombongan. Di lantai 2 ini suasa terasa lebih asri dengan penataan tanaman yang mengitari ruangan.

IMG_0735-1.jpg

Menu makanan

Menu di BAC ini didominasi oleh makanan tradisional Indonesia dan ada juga beberapa western style.  Menu minumannya cukup bervariasi, dari jenis juice, cocktail, mocktail, kopi, dan beberapa minuman beralkohol lainnya dalam jumlah terbatas. Untuk icip-icip, kami mencoba colenak.

Colenak

Colenak adalah adalah kudapan yang dibuat dari peuyeum yang dibakar yang disantap dengan dicocolkan pada gula jawa cair yang dicampur dengan serutan kelapa.Penamaan makanan ini merupakan singkatan dalam bahasa Sunda dicocol enak. Di BAC, sajian tradisional diolah dan disajikan dengan gaya modern.

img_0740

Javanese Steak

img_0744

Bistik gaya jawa ini berupa potongan daging ayam yang digoreng dengan tepung panir. Dominasi rasa bunga lawang cukup terasa, tapi tetap seimbang dengan tambahan rasa segar dari sayurannya yang berupa buncis, wortel, dan jagung.

Spaghetti

img_0743

Ayam Kaleyo

Ayam kaleyo ini menyerupai opor dengan citarasa pedas, disajikan dengan daun singkong dan sambal ijo, pedasnya sedang tetapi mantap membuat makan menjadi lebih bersemangat.

img_0742img_0741

Overall makan disini cukup mantap, suasana mendukung, apalagi diijinkan memesan beberapa jenis cocktail dan minuman beralkohol membuat obrolan dengan teman, rekan, dan keluarga menjadi semakin seru.

Braga Art Cafe

Jl. Braga No.68, Bandung

Phone: +62 22 84281268

Open Hours· 10:30AM–11:00PM

Advertisements