Kopitiam, sejenis kedai yang utamanya menyajikan kopi dan berbagai minuman lainnya banyak ditemui di Malaysia, Singapura, dan sebagian wilayah Sumatera. Namun, dalam satu dasawarsa terakhir, warung kopi ala Tionghoa ini mulai menjamur di Bandung dan Jakarta. Kopitiam merupakan gabungan istilah “kopi” yang berasal dari bahasa Melayu dengan “tiam” yang berasal dari dua dialek di China, Hokien ataupun Hakka. Tiam dalam bahasa China itu berarti kedai.

Yang disajikan di kopitiam memiliki kemiripan: kopi, roti bakar, selai srikaya, dan telur rebus. Sama-sama makanan sarapan.  Tapi dalam perkembangannya, banyak sajian lain yang begitu bervariasi, baik kualitas dan kuantitasnya.

Salah satu kopitiam yang baru saja buka di Bandung, mencoba untuk menawarkan alternatif kunjungan kuliner kita ke kopitiam.  Adalah GAO Kopitiam, yang berlokasi di kompleks Paskal Hyper Square Ruko A39. Menempati sebuah ruko lantai 1, didesain dengan area duduk bar stool yang menghadap jalan utama, dan area ruangan dalam yang terdiri dari beberapa meja.  Pada bagian ujungnya terdapat bar yang digunakan untuk meracik minuman dan kopi.

 

Buka dari pagi untuk melayani pengunjung yang hendak sarapan, bisa dimulai dengan kaya toast, kopi, maupun telur setengah matang.

dscf1828
Egg Cheese Ham Toast

Atau kalau mau makanan berat, kita bisa memilih menu snack, nasi, maupun mie.  Harganya cukup terjangkau dan kualitas rasa yang baik.  Porsinya pun sangat cukup untuk membuat sesi makan kita menjadi menyenangkan.

dscf1803
Singkong Manis Thailand
dscf1811
Singkong Goreng Keju
dscf1806
Tofu Cabe Garam

Untuk pembuka, kita bisa memilih Singkong Manis Thailand yang empuk, hangat, dengan siraman santan yang gurih.  Sedangkan menu singkong lainnya kita bisa pilih yang digoreng dan ditaburi keju.  Yang lain, bisa memesan tahu yang dipotong dadu ukuran sedang, digoreng garing dengan taburan cabe dan garam. Kriuk-kriuk renyah….

Nah, untuk makanan yang beratnya, pilihan jatuh pada nasi goreng Gao, yaitu nasi goreng spesial dengan double telor serta tambahan sosis dan baso. Mengenyangkan!

dscf1809
Nasi Goreng Gao

Piliha berikutnya yang ngga kalah mantap adalah Nasi Lemak Spesial, yaitu nasi lemak (nasi uduk) dengan ikan bilis, telur dan taburan kacang serta bawang goreng.  Apalagi ditambah dengan sambal…. hmmmm…..

dscf1800
Nasi Lemak Spesial

Yang ngga kalah menarik disini adalah Pad Thai Kwetiau, sajian kwetiau dengan rasa asam khas Thailand dengan tambahan baso

dscf1812

Pad Thai Kwetiau

dscf1830

Kopitiam memang dibangun orang Tionghoa. Namun, perkembangannya tak dapat dipisahkan dari sejarah setempat. Ini sekali lagi memperlihatkan kemampuan orang Tionghoa untuk beradaptasi dengan lingkungan ke mana ia bermigrasi. Kopitiam dapat kita anggap sebagai warisan budaya Tionghoa pada lintas batas Asia Tenggara, khususnya Malaysia, Singapura, dan tentunya, Indonesia.

Hayu kita ke Gao Kopitiam….

GAO Kopitiam

Paskal Hyper Square Ruko A-39
Bandung

IG: @gaokopitiampaskal

 

Advertisements