Daerah Istimewa Yogyakarta memang sebuah tempat yang istimewa. Karena Jogja sarat akan budaya dan pastinya wisata kulinernya yang enak dan terkenal ke seluruh penjuru negeri.

Banyak sekali wisata kuliner Jogja yang menjadi buruan para pencari makanan enak. Beberapa tempat kuliner di Jogja yang dibahas ini telah di rangkum dari yang memberikan rekomendasi. Pasti tidak semua bisa masuk disini, tapi yang pasti rekomendasi ini adalah yang cukup terkenal.

Sate Klathak Pak Pong

dscf1727

Sate Klathak Pak Pong ini mengkhususkan pada sajian daging kambing.  Menggunakan jari-jari sepeda sebagai tusuknya.  Alasannya adalah supaya panasnya betul-betul meresap sampai ke dalam. Rasa bumbu sate Pak Pong ini sangat sederhana, seperti merica, kecap dan juga garam.

Soto Kadipiro

dscf1162

Ingin merasakan bagaimana rasa soto yang usianya lebih dari 90 tahun?  Cobain soto Kadipiro. Didirikan tahun 1921 oleh Widadi Tahir Karto Wijoyo. Soto ini sebetulnya hanya soto ayam biasa, namun yang menjadikannya luar biasa adalah kuahnya. Kuah soto terbuat dari kaldu ayam kampung sehingga rasanya gurih.  Semangkuk soto berisi suwiran ayam kampunng, kol dan perkedel kentang, serta taburan daun bawang dan bawang goreng.

Sebagai  teman menyantap soto disediakan pula lauk seperti  ati ampela, tahu, tempe, perkedel , sayap ayam, kepala ayam dan berbagai bagian ayam lainnya. Istimewa ayam tersebut telah direbus terlebih dahulu dengan bumbu-bumbu sebelum digoreng, sehingga rasanya enak dan empuk. Selain itu juga disediakan sate ati ampela dan telur puyuh.

Jejamuran

 

Anda pecinta jamur? Jejamuran Jogja adalah resto yang mungkin recommended untuk anda. Restoran dengan tema serba jamur ini hanya ada di Yogyakarta. Seluruh daftar menu berbau jamur yang diolah secara profesional dan modern. Jamur pun mereka pilih dari jamur yang aman untuk dikonsumsi dan bebas penyakit.

Aneka menu yang mereka suguhkan yaitu sate jamur, gulai jamur, tongseng jamur, sup jamur, oseng jamur, botok jamur, dan olahan jamur modern seperti Tom yum jamur. Restoran ini juga menyediakan tempat yang nyaman dan parkir yang luas.

Ayam Goreng Suharti

dscf1258

Pernah merasakan tulang ayam yang lezat? Di ayam goreng Suharti anda akan menemuinya. Anda dan keluarga bisa memilih porsi ayam baik potong atau ekor. Harga per ekor bervariasi. Sensasi rasa ayam goreng kremes yang aduhai di lidah, Anda akan puas dibuatnya.

YATS Colony

dscf1718

Meskipun baru saja dibuka, namun Yats Colony berhasil menarik perhatian dari anak-anak muda. Hal ini tentu saja berkat media sosial yang selalu diikuti anak muda. Gabungan hotel yang unik khas anak muda yang gemar selfie dan bistro yang menyajikan makanan yang ngga kalah nikmatnya.

Nasi Goreng Beringharjo

dscf1738

Untuk merasakan kelezatan Nasi Goreng Beringharjo bisa datang mulai pukul 18.00 dan biasanya telah ludes pada pukul 23.00 WIB. Dalam proses memasak, nasi goreng ini agak sedikit beda dengan nasi goreng pada umumnya.

Sang koki biasa memasak nasi dalam jumlah besar sekaligus dan calon pembeli bisa meminta porsi besar hingga 2 kali dari ukuran biasa. Selain itu ayam atau babi yang digunakan sebagai pelengkap ditabur diatas piring sesaat sebelum dihidangkan.

Jadah Tempe Mbah Carik

Jadah Tempe merupakan kuliner khas dari Kaliurang, Sleman, Jogjakarta. Makanan yang terdiri dari kombinasi yang unik ini sebenarnya sudah ada dari jaman dahulu dan merupakan salah satu makanan kegemaran Sri Sultan HB IX.

Jadah berasal dari ketan yang dihaluskan dengan campuran kelapa dan memiliki tekstur yang kenyal dipadu dengan tempe bacem yang memilki rasa manis. Jadah sendiri memilki sebutan lain bagi masyarakat Jawa Tengah, mereka biasa menyebutnya dengan Gemblong sedangkan masyrakat Jawa Barat menyebutnya dengan Uli. Biasanya, makan jadah tempe akan terasa lebih nikmat lagi jika di temani cabe rawit.

Tempo Gelato

 

Gerai yang menjajakan gelatoini berhasil menarik perhatian karena bentuk bangunannya memadukan nuansa industrial dan rustic. Sangat eye catching. Selain itu, diantara banyak resto yang ada di ruas jalan Kaliurang, sepertinya Tempo Gelato adalah satu-satunya gerai yang tidak menyajikan makanan. Selain di Kaliurang, Tempo Gelato ini diawali denan gerai pertamanya di jalan Prawirotaman.

 

Gudeg Yu Djum

dscf1085

Salah satu dari ratusan restoran gudeg yang ada di Yogyakarta, yang terasa paling pas mungkin adalah Gudeg Yu Djum.  Rasanya tidak terlalu manis dan kreceknya mantap. Gudeg Yu Djum ini saat ini telah menjadi restoran besar dan memiliki banyak cabang di jogja bahkan kita bisa melakukan delivery order ke rumah via telfon.

Angkringan

dscf1087

Yogyakarta, apalah artinya tanpa angkringan.  Setiap malam sebagian besar trotoar berubah fungsi menjadi angkringan.  Gerobak sederhana dengan atap terpal, menyajikan menu nasi kucing, sate telor puyuh, sate usus, gorengan, wedangan.

Bale Raos

Bale Raos merupakan restoran yang khusus menyajikan hidangan favorit keluarga Keraton Yogyakarta. Bersantap di Bale Raos akan membuat Anda merasakan sensasi makan ala keluarga bangsawan.

Terletak di belakang kompleks Keraton Yogyakarta, Restoran Bale Raos menghidangkan menu yang menjadi kegemaran keluarga Keraton. Beberapa menu tersebut antara lain Urip-urip Gulung, Semur Piyik, Bebek Suwir-suwir, Soup Timlo, dan masih banyak lagi. Sedangkan aneka minuman dan kudapan antara lain Beer Pletok, Es Siwalan, Rondo Kepompo, Manuk Nom, Arseng, dan lain-lain. Semua menu tersebut diolah sesuai dengan resep keluarga kerajaan yang diwariskan secara turun-temurun. Cita rasanya yang unik dan lezat akan membuat lidah Anda terbuai.

Advertisements