Belanda adalah negara yang pernah menjajah Indonesia selama kurang lebih 350 tahun. Dalam kurun waktu yang sangat panjang penjajahan Belanda, pada akhirnya banyak masyarakat Belanda yang memutuskan untuk tinggal di Indonesia. Sehingga masyarakat kita orang Indonesia asli secara perlahan mulai mengenal makanan khas negara tersebut dan kemudian mengolahnya sesuai cita rasa lidah lokal.

dscf2371

Adalah Keuken van Elsje, satu tempat restoran baru di Bandung yang mencoba untuk memasuki lautan bisnis kuliner melalui celah makanan Belanda.  Terletak di area pusat kota, Jalan Buton no. 11.  Walaupun di area tengah kota, suasananya sangat tenah karena jalanannya termasuk jarang dilalui kendaraan.  Justru ini yang menjadi kekuatannya, suasanya menjadi begitu tenang dan nyaman.

dscf2381

Menempati sebuah rumah jadul khas jaman Belanda, interior dibuat sangat klasik dengan dekorasi yang mengikuti even-even yang sedang berlangsung, antara lain Natal, Chinese New Year, Valentine, dan lainnya.

dscf2370

dscf2375

Terdiri dari bangunan utama di bagian depan dan area extension di belakang, menjadikan restoran ini tampak luas dan serasi.

dscf2373

STAMPPOT

Pertanyaan paling standar  yang akan kita tanyakan setiap kali berkuliner, apa makanan khas tempat tersebut? Apakah makanan khas Belanda? Salah satunya adalah Stamppot. Adalah sajian yang terbuat dari kentang yang direbus dan dihancurkan (mashed potatoes) dan dicampur dengan beberapa sayuran seperti wortel atau sayuran hijau lainnya seperti selada. Dihidangkan panas bersama dengan sosis besar yang bernama rookworst.  Teksturnya lembut, rasanya memang agak flat, tapi kita bisa menambahkan merica dan garam sesuai selera.  Ini merupakan makanan musiman dan di Belanda biasanya dibuat pada saat musim dingin tiba.

dscf2384

ALIGOT

Aligot adalah hidangan tradisional yang berasal dari Aubrac (Aveyron, Cantal, Lozère, Midi Pyrenees) sebuah daerah di bagian selatan Massif Central dari Perancis. Hidangan ini dibuat dari keju yang dilelehkan dan dicampur dengan kentang yang dihancurkan, digabungkan dengan mentega, krim, dan bawang putih. Hidangan yang mirip fondue ini seringkali ditemui pada banyak rumah makan di daerah Auvergne.

Di negara asalnya hidangan ini dinikmati biasanya pada pertemuan-pertemuan yang diadakan di desa-desa dan perayaan-perayaan sebagai hidangan utama. Harumnya sangat tajam, bertekstur lembut agak chewy karena campuran kejunya. Padanan rasa yang seimbang membuatnya menjadi hidangan sempurna.

dscf2395

dscf2387

BITTERBALLEN

Bitterballen adalah nama sajian cemilan khas negeri kincir angin yang rasanya mirip dengan kroket. Bentuknya kecil bulat dengan diameter sekitar 3 sampai 4 cm. Biasa dimakan dengan disertai minuman teh. Dibuat dari daging sapi, udang yang dicincang dan dibuat ragout. Lalu kemudian dibalut menggunakan tepung roti dan digoreng dalam minyak panas. Setelah itu disajikan menggunakan saus moster.

dscf2390

Masih banyak makanan lain di Keuken van Elsje ini, selain menyajikan citarasa khas Belanda, ada juga beberapa makanan standar western lainnya, seperti soup, steak, dan mac & cheese.

dscf2385

dscf2389

dscf2404

Sudah cukup tergoda? Silahkan buruan dikunjungi…

Keuken van Elsje

Jln. Buton No. 11
Bandung

Opening Hours: 10:00-22:00

Telepon: (022) 20528782

FB: Keuken van Elsje

Instagram: @keukenvanelsje

Advertisements