Yang menarik dari wisata kuliner bukan semata pada lokasinya, namun meliputi keunikan makanan yang disajikan dalam hal cita rasa, bahan baku yang digunakan, cara pengolahan, cara penyajian, sampai dengan bentuk dari makanan tersebut. Hal itulah yang membuat orang merasa penasaran dengan kuliner di suatu daerah, termasuk di Malang, Surabaya, maupun kota Batu

Berikut ini sekilas beberapa tempat kuliner yang cukup top di ketiga kota tersebut:

MALANG

Bakso President

Salah satu makanan khas Malang adalah bakso. Selalu saja bisa ditemukan penjual bakso di seluruh pelosok kota Malang.

Sang perintis, Abah Sugito, mengawali usahanya sebagai penjual bakso pikul keliling, kini Bakso President menjadi salah satu tujuan wisata kuliner yang populer. Disebut Bakso President karena lokasinya berada di belakang Bioskop President yang sekarang sudah beralih fungsi menjadi pusat perbelanjaan.

DSCF6307
Bakso Malang dan Bakso Bakar

Letaknya persis bersebelahan dengan rel kereta api membuat sensasi makan di tempat ini semakin asyik. Harganya boleh dikatakan masih cukup terjangkau. Dan selain baso yang disajikan berkuah, tidak boleh kelupaan juga pesan baso bakar. Baso menyerupai sate yang dicocol bumbu kecap kemudian dibakar diatas arang, mantap…..

Jl. Batanghari No. 5, Malang, Jawa Timur.
08.00 – 21.30 WIB.

Ronde Titoni

Ronde merupakan salah satu alternatif kuliner yang bisa dikunjungi di Malang. Salah satu yang menyediakan menu ronde adalah Warung Ronde Titoni. Warung ini sudah terkenal sejak tahun 1948. Selain menjadi tujuan wisata kuliner di Malang, warung ini juga menjadi tempat nongkrong favorite di malam hari.

WhatsApp Image 2017-03-21 at 18.33.02.jpeg

Selain wedang ronde, disini juga menyediakan aneka menu kuliner penghangat tubuh lain seperti kacang kuah, roti goreng, angsle dan cakue.

DSCF5911DSCF5912DSCF5917

Ada perbedaan cukup mendasar pada ronde dan angsle. Ronde menggunakan kuah dari air jahe, sedangkan kuah angsle terbuat dari santan. Isian angsle juga lebih banyak, yaitu potongan roti tawar, kembang mayang, kacang hijau, dan kacang tanah sangrai. Angsle juga memiliki aroma lebih harum karena menggunakan bahan vanili dan daun pandan. Tertarik? Silahkan kunjungi tempatnya di Jalan Zainal Arifin.

Puthu Lanang Celaket

Putu merupakan salah satu jajanan mantap yang bisa ditemukan di Malang. Putu adalah sajian makanan yang terbuat dari tepung beras yang diisi dengan gula merah, kemudian di kukus hingga matang. Disajikan di atas daun pisang dengan ditaburi parutan kelapa yang gurih. Salah satu yang menyajikan jajanan putu adalah Putu Lanang Celaket. Ttempat kuliner legendaris ini sudah dibuka sejak 1935 dan hingga sekarang tidak pernah sepi pembeli. Selain menu putu, di Putu Lanang Celaket juga menghadirkan menu lain seperti cenil, lupis, getuk yang bisa memanjakan lidah.

DSCF5920

Berlokasi di Jalan Jaksa Agung Suprapto, Gang Buntu RT 03 Malang, Putu Lanang Celaket menjadi pilihan jajanan yang menyehatkan.

Depot Gang Jangkrik

Depot Gang Jangkrik adalah nama depot yang menyajikan kuliner khas Tiongkok. Jika ingin merasakan mie khas depot Gang Jangkrik non-halal, kita dapat mengunjungi depot  yang berada di Jl. Kawi Atas No. 26, Klojen, Malang. Di tempat ini dapat ditemukan menu seperti Mie Sio Bak, Mie Sio Kee, Nasi Campur, dan juga Chasio. Mie olahan Depot Gang Jangkrik terkenal karena teksturnya lembutserta rasanya gurih. Selain mie, menu lain seperti pangsit, bakso, sup, bakmi, serta bubur.

DSCF5896DSCF5897DSCF5901DSCF5902 2

Depot mie ini buka mulai pukul 08.00 hingga pukul 22.00 WIB.

Soto Ayam Lombok

Soto Ayam Lombok ini berdiri sejak 1955 oleh Agus Achmad Mustajab dan Maemunah. Mereka berdua asli dari Pulau Madura. Karena dahulu mereka orang yang secara ekonomi terbilang pas-pasan, mereka berdua merantau ke Malang untuk mengadu nasib.

Depot ini buka setiap hari mulai jam enam pagi sampai jam satu malam. Menu makanan di sini hanya Soto Ayam. Bumbu-bumbu yang digunakan pun bercita rasa Jawa, seperti penggunaan kemiri dan perasan jeruk limau sebagai kondimen. Penyajian nasinya langsung dicampur dengan soto, sesuai dengan selera Jawa yang selalu menyajikan nasi sebagai makanan pokok.

DSCF6374.JPG

Soto ini juga ditambahi dengan kentang, kecambah, telur ayam, daging ayam kampung, dan kubis.

DSCF6375

Depot Soto Ayam Lombok terletak di Jalan Sulawesi Nomor 1 Malang (Ketetapan Dari Pemerintah Kota Malang, red). Tetapi depot ini juga terletak di sepanjang Jalan Lombok Malang. Depot ini memakai nama ‘Lombok’, karena tempat berjualannya di sepanjang Jalan Lombok juga.

RM. Miraza

Apa sih artinya ote-ote? Dalam bahasa Jawa Timur, ote-ote itu artinya bakwan sayur atau kalau orang Bandung menyebutnya bala-bala.

Bentuknya berupa irisan kol dan wortel, diberi baluran tepung dan telur kemudian diaduk dan digoreng. Ote-ote Porong ini merupakan versi yang lebih ekslusif dibandingkan dengan bakwan atau bala-bala biasa.

DSCF5754

Isi dari ote-ote adalah daging babi cincang, tiram, rumput laut, serta berbagai bumbu lainnya yang digoreng ke dalam minyak panas.  Begitu matang, bentuknya seperti UFO dan berwarna kecoklatan. Memamg lebih mahal dibandingkan dengan jajanan biasa, tapi terbukti tetap laris dan ngga kehilangan penggemar. Selain ote-ote, kita juga bisa menikmati bapau, siomay, kekian, dan lainnya.

DSCF5761

Untuk bisa mendapatkan ote-ote yang mantap ini, bisa kita kunjungi RM. Miraza, terletak di jalan antara Surabaya menuju Malang, persisnya di Jln. Raya 120 Porong.

DEPOT 29 SOP KAMBING OBAT

Daerah malang yang pertama di singgahi kali ini adalah singosari nama tempatnya yaitu Depot 29. Menu andalannya adalah Sop Kambing Obat.  Sop ini diolah dengan ramuan obat Tiongkok seperti ginseng, kici dan lain-lain. Menurut penjual sop ini, sajiannya dijamin halal. Daging kambing yang identik dengan kolesterol dapat di minimalkan resikonya dengan racikan ramuan tadi dan dapat mengubah fungsi untuk meningkatkan stamina dan kesehatan. Sehingga bagi yang darah tinggi tidak perlu was-was untuk menyantap hidangan ini.

DSCF5771.JPG

Jika mencicipi kuah dari sop ini akan sedikit merasakan pahit di lidah, itu salah satu efek dari ramuan Tiongkok yang menjadi bumbu sop kambing obat. Selain ginseng dan kici ada pula tang kuei yang merupakan tonik darah. Tekstur daging dari masakan sop ini sangat lembut.  Selain sop kambing, menu andalan disini adalah tahu dan tempe goreng.  Dicocol dengan saus petis yang kental.  Dimakan selagi hangat, sungguh menambah kenikmatan.

DSCF5769.JPG

Bakso Pak Samut

Bakso Pak Samut terletak di deretan ruko-ruko di dekat salah satu kampus Kota Malang di Jalan Tidar. Walaupun tanpa AC, warung ini ramai dikunjungi pengunjung. Sejumlah meja di dalam ruko tampak penuh. Bakso dan pangsit serta aneka macam gorengan diletakkan di deretan baki-baki di dekat kasir. Kita hanya perlu mengambil mangkok dan mengambil jenis yang mana saja yang anda inginkan. Seusai mengambil yang diinginkan, datanglah ke kasir untuk diberikan kuahnya dan diberikan harganya.

DSCF5828DSCF5832

Jujur saja yang paling enak justru gorengannya, seperti pangsit goreng dan teman-temannya. Usahakan menghindari jam makan siang karena warung ini biasanya sangat ramai.

Rawon Jami’ah

Bagi yang sedang berada di Kota Batu, silahkan mampir ke Rawon Jami’ah di Jalan Panglima Sudirman Kota Batu. Warung rawon ini seringkali menjadi tujuan wisatawan yang berkunjung ke kota ini.

Rumah makan ini sudah dikelola turun temurun sejak tahun 1950. Meski ada beragam menu lain seperti soto daging dan rendang, tetapi rawon tetap menjadi unggulan. Selain disajikan dengan tauge dan sambal matang, juga ada tambahan lauk tempe dan tahu goreng serta perkedel.

DSCF5944

Meski porsi daging dalam satu porsi piring sudah  banyak, tak tanggung-tanggung masih ada tambahan yakni abon daging. Untuk harga satu porsinya Rp 25 ribu.

DSCF5937DSCF5940DSCF5943

Pecel Kawi

Kota Malang memang layak disebut sebagai kota kuliner legendaris. Pasalnya, di kota ini, kita bisa menjumpai banyak tempat makan legendaris yang hingga kini masih tetap eksis, salah satunya adalah Pecel Kawi.

Sesuai dengan namanya, tempat makan ini menyediakan nasi pecel sebagai menu andalan. Meskipun sebenarnya, warung nasi yang beralamatkan di Jalan Kawi Atas No. 43, Kota Malang ini juga menyediakan beragam menu masakan lain.

DSCF6279

Sejak awal berdirinya Pecel Kawi pada 1975, nasi pecel di sini sudah memiliki banyak idola. Hal ini tak lain karena rasa bumbu kacang yang menjadi siraman pada nasinya sangat kuat dan khas. Inilah yang membedakan Pecel Kawi dengan nasi pecel lain pada umumnya.

Rujak Cingur Kaliurang

Rujak cingur adalah salah satu makanan tradisional yang mudah ditemukan di daerah Jawa Timur, terutama daerah asalnya Surabaya. Kata cingur berarti “mulut”, hal ini merujuk pada bahan irisan mulut atau moncong sapi yang direbus dan dicampurkan ke dalam hidangan. Rujak cingur biasanya terdiri dari irisan beberapa jenis buah seperti timun, bengkuang, mangga muda, nanas, kedondong, kemudian ditambah lontong, tahu, tempe, cingur, serta sayuran seperti toge, kangkung, dan kacang panjang. Semua saus/bumbu dicampur dengan cara diulek, itu sebabnya rujak cingur juga sering disebut rujak ulek.

WhatsApp Image 2017-03-22 at 07.55.47.jpeg

Salah satu yang pas untuk dicoba di Malang adalah di daerah  Kaliurang. Persisnya di Jl. Melati No. 42, Malang. Bisa telepon dulu untuk memesannya dan jangan lupa, hanya buka dari jam 9 pagi sampai dengan jam 4 sore saja.

Bakwan Dempo Asli Surabaya

Dari luar tampak seperti rumah pada umumnya dan memang tidak terletak di jalan utama alias berada di dalam perumahan. Setelah memasuki halaman baru terlihat meja dan kursi berderet di dalamnya. Rumah kuno yang di sulap menjadi rumah makan. Mejanya cukup unik, terbuat dari beton yang di tutup dengan keramik diatasnya. Mungkin alasannya sederhana, biar gampang dibersihkan dan tidak di tarik-tarik.

DSCF6398

Bakwan campur terdiri dari bakwan, siomay basah dan usus. Siomay dan usus goreng di sajikan dalam wadah terpisah. Kuahnya bening tapi rasanya sedap. Yang tak kalah nikmatnya adalah siomay dan usus goreng dengan dicocol sambal, hmmm… yummy… usus yang di buang lemaknya dan dililit dengan cacahan daging serta tepung terasa nikmat di lidah.

DSCF6399DSCF6403

Silahkan kunjungi  Jalan Dempo No 17, Surabaya
Phone: +62 31 5315631. Sudah buka dari jam 7 pagi dan tutup pukul 6 sore.

Bebek Sinjay Madura

Berkuliner di Surabaya, tidak afdol rasaya kalau tidak nyebrang ke Madura, apalagi sekarang semakin dimudahkan dengan adanya Jembatan Suramadu. Penyebrangan dengan mobil kurang dari 10 menit menjadikan roda perekonomian Madura menjadi semakin meningkat.

DSCF6419

Spot warung Bebek Sinjay ini ada sekitar 1 km dari tol Suramadu. Setelah sampai Bangkalan, cari saja alamatnya di Jalan Raya Ketengan Nomor 45 Kecamatan Burneh, Bangkalan. Warung ini sudah buka mulai tahun 2003.  

Bebek Sinjay diolah dengan bumbu-bumbu tradisional plus metode yang entah-gimana-caranya membuat daging bebek empuk, namun tetap bertekstur. Bumbunya gurih, sedap, sangat tasty, sehingga sama sekali nggak kecium bau amis yang biasanya jadi sepaket ama daging bebek. Bebek goreng ini ditemani kremesan yang juga mantap banget. Plus, jangan lupakan, sensasi pedas-pedas-asem yang berasal dari sambel pencit.

DSCF6431

Yang menarik adalah metode pemesanan disini beda-beda tipis ama fast food order. Customer kudu datang ke kasir, bilang mau pesen berapa porsi, lalu bayar langsung. Tampang kasirnya so flat, alias lempeng. Ga ada senyum basa-basi. Apakah setelah bayar, pesanan kita langsung diantar ke meja? Oh, tentu tidak. Mengingat banyaknya tamu yang tersebar di seluruh penjuru warung,  konsumen mandiri yang ANTRI ke loket pengambilan bebek goreng. Kudu sabar pas ngantriiii… karena enggak ada pagar/ tali pembatas antrian.

So, setelah kesabaran dikumpulkan, kita BAWA SENDIRI nasi bebek idaman ini ke meja masing-masing. Tapi semuanya itu terbayarkan dengan sensasi bebek mantap!

Advertisements