Menurut Wikipedia, Lumpia atau terkadang dieja sebagai lun pia adalah sejenis jajanan tradisional Tionghoa. Lumpia yang dikenal oleh orang Indonesia merupakan lafal Bahasa Hokkian.

Lumpia sendiri terdiri dari lembaran tipis tepung gandum yang dijadikan sebagai pembungkus. Pada umumnya isian yang pasti ada adalah adalah rebung, telur, sayuran segar, daging ayam atau udang.

Di Indonesia, tempat yang menjadikan lumpia sebagai ciri khas jajanannya adalah Semarang.  Tata cara pembuatan dab bahan-bahannya masih disesuaikan dengan tradisi dahulu. Dan berbicara mengenai lumpia di Semarang, pasti kita akan fokus pertama kali ke suatu tempat, yaitu Gang Lombok No. 11.

Tempatya kecil, lebih cocok disebut warung.  Berukuran sekitar empat kali lima meter. Tapi jangan salah, lumpia Gang Lombok ini sangat terkenal dan banyak dikunjungi oleh wisatawan, terutama pada akhir pekan dan apalagi pada musim liburan. Lumpia Gang Lombok letaknya Klenteng Tay Kak Sie yang tersohor oleh kisah Cheng Ho-nya. Walaupun kecil dan mirip warung sederhana, kedai ini sudah berusia ratusan tahun, dengan empat generasi.

IMG_3568.jpg

Dari mulai buka pada jam 8 pagi, tempat ini sudah ramai dikunjungi baik yang makan di tempat maupun untuk dibungkus dan dibawa sebagai oleh-oleh.  Ada baiknya kita bersabar karena antrian mungkin bisa agak panjang.  Tapi jangan kuatir, kita akan dilayani dengan baik oleh pemiliknya.

IMG_6038.JPG

IMG_6029.JPG

Untuk menjaga keasliannya, semua masih dibuat dengan cara tradisional. Di sini lumpia yang ditawarkan hanya terdapat rasa ayam dan udang.

IMG_6027.JPGIMG_6034.JPG

Ukurannya cukup besar dengan tekstur isi yang padat, sehingga ketika dibelah rajangan remon, telur, dan udang pun menyeruak. Cita rasa rebung dan rempahnya begitu terasa, ditambah garing dan kriuknya kulit lumpia membuat kita takan nambah lagi.

IMG_6040.JPG

IMG_6041.JPG

Jangan lupa untuk setiap gigitan lumpia, tambahkan pula acar, daun bawang, selada dan cabe rawit.  Segarnya sayur dan pedasnya cabe rawit tentunya akan menambah kenikmatannya.

Untuk yang mau membawanya menjadi oleh-oleh, lumpia ini tahan hingga tiga hari untuk yang sudah digoreng, sedangkan yang basah hanya tahan 24 jam, semuanya tanpa bahan pengawet. Satu buah lumpia asli Semarang bisa dibeli Rp 15.000, baik digoreng ataupun yang belum.

Ayo silahkan dikunjungi….

 

LOENPIA SEMARANG

Jalan Gang Lombok No. 11
Purwodinatan, Kauman
Semarang
Jawa Tengah 50137
Indonesia

Phone: +62 816-4881-194

 

 

Advertisements