Apa bedanya antara es krim, gelato, dan sorbet? Secara sepintas memang penampilannya agak mirip. Banyak juga yang mengatakan bahwa ketiganya merupakan jenis es krim. Tapi ternyata ketiganya berbeda, baik dari bahan maupun proses pembuatan.

Es krim berbahan dasar krim dan kuning telur. Proses pencampuran bahan-bahan ini adalah dengan diaduk secara cepat dan kuat. Es krim didinginkan dengan suhu minus 20 hingga minus 12 derajat celcius. Ini yang menyebabkan es krim terasa tajam di lidah.

Gelato berasal dari bahasa Italia yang berarti es krim. Kata gelato sendiri berasal dari kata ‘congelati‘ yang berarti beku. Gelato diaduk dengan kecepatan pelan. Ini membuat teksturnya lebih padat. Kemudian dibekukan pada suhu yang lebih panas, sekitar minus 10 derajat celcius. Dengan suhu ini, gelato tak tahan lama dan mudah cair.

Untuk rasa, gelato tak terlalu tajam di lidah. Teksturnya juga padat. Kandungan lemak pada gelato sangat rendah. Gelato berkualitas tinggi bahkan hanya mengandung 1-3 persen lemak.

Sorbet dalam sejarahnya adalah makanan yang dibuat dari salju. Jadi teksturnya seperti serbuk es. Bahan baku sorbet modern sangat sederhana: buah, air, dan gula. Proses pembuatannya sedikit banyak mirip dengan gelato, hanya menghilangkan unsur susu, krim, dan kuning telur. Sorbet juga terkenal dengan rasa buahnya yang dominan.

IMG_4362

Nah, khusus berbicara mengenai gelato ini, rupanya Cremeria di Dee sangat fokus. Diawali dengan konsep kecil-kecilan, lalu membuka sebuah gerai di Trans Studio Mall, sehingga akhirnya pada 4 Agustus 2017 mulai membuka sebuah tempat yang lebih permanen dan luas.

photo-home-cup-2560x1022.jpg

Terletak di kawasan Bandung utara daerah Ciumbuleuit Bandung. Agak ke atas melewati kampus Universitas Katolik Parahyangan.  Beberapa ratus meter pastikan arah kendaraan berbelok ke kanan. Lokasinya persis bersebelahan dengan Waroeng Ethnic.

DSCF2819

Konsepnya adalah open space dengan seminimal mungkin tempat duduk formal. Pada bagian entrance kita akan langsung dihadapkan dengan teras kecil, dilengkapi dengan meja kursi kayu yang khusus didatangkan dari Bali serta meja bar melengkung dengan view langsung menghadap area taman utama. Sedangkan di sebelah kiri terdapat area produksi dengan konsep open, sehingga kita bisa menyaksikan secara langsung proses pembuatan gelato. Sangat inspiratif….

DSCF2818

Di area taman tengah terdapat dua buah ayunan dalam ukuran besar, bisa kita jadikan sebagai tempat mager makan gelato sambil eksis di media sosial.  Memang tempat ini dibuat dengan konsep yang instagrammable, sehingga dimanapun kita duduk, akan selalu tampak keren jika di upload.

DSCF2851

DSCF2854

IMG_6595

DSCF2838
Yellow Box

Yang menjadikan tempat ini unik adalah dengan adanya sebuah point of interest berupa sebuah bangunan berbentuk kubus berwarna kuning dengan dominasi kaca transparan pada kedua sisinya.  Tempat ini dimaksudkan pula sebagai spot untuk berfoto bersama gelato yang sudah kita pesan.  Dinding dalamnya berwarna biru terang dan kuning, dilengkapi dengan mural pada bagian dindingnya.

DSCF2829

IMG_6599 sq
Rose and Kopyor
IMG_6612
Dragon Fruit
DSCF2849
Greek Yoghurt and Carrot

Banyak sekali varian rasa yang ditawarkan di Cremeria di Dee. Dari rasa yang cukup standar dan familiar sampai dengan varian rasa yang unik dan bahkan kita tidak akan menyangka bisa dibuatkan sebagai rasa pada gelato.  Ada rasa strawberry, coklat, teh poci, wortel, greek yoghurt, dragon fruit, hazelnut, pistachio, kopyor, lemon, dan beberapa yang cukup unik antara lain lemongrass, star anise, jahe, baileys, dan lainnya.

Ngga cuma gelato dan sorbetto yang ditawarkan disini, sebagai pelengkap ada juga bitter ballen yang renyah dan gurih, serta sayap ayam mantap kerjasama dengan Hot Wings.  Oh ya, sambel ijonya wajib dicoba, enak banget.

Tempat nongkrong kekinian kurang lengkap rasanya tanpa kehadiran kopi.  Di sini juga ditawarkan sajian kopi, bekerja sama dengan CuppaJoe Coffee.  Cappuccino yang mantap, dengan gelato yang menyegarkan merupakan padanan yang serasi…..

IMG_6597
Hot Wings
DSCF2839
Bitter Ballen

Mau santai sambil menikmati gelato berkualitas sekalian upload ke sosial media? Ayo buruan ajak seluruh teman dan seluruh kerabat ke Cremeria di Dee……

Cremeria di Dee Gelato

Jln. RancaBentang 2C – Ciumbuleuit
Bandung
Open: 10AM-10PM
Phone: 0813-1141-2502

Trans Studio Mall Bandung
Jln. Jend. Gatot Subroto 289
Bandung
Open: 10AM-10PM
Phone: 0813-1141-2502

WEBSITE

FACEBOOK

INSTAGRAM

 

 

 

Advertisements