Tahukah kamu bahwa Semarang dikenal sebagai salah satu pusat kuliner di Indonesia? Pada tahun 2015, Kementerian Pariwisata menetapkan Semarang sebagai salah satu destinasi kuliner unggulan. Beragam makanan khas dengan cita rasa yang sudah tidak diragukan lagi mampu menarik perhatian wisatawan. Banyak wisatawan yang menjadikan wisata kuliner sebagai aktivitas yang wajib dilakukan saat berlibur di Semarang.

Ada banyak macam kuliner di Semarang, salah satu yang selalu diincar para wisatawan adalah kuliner legendaris yang sudah ada sejak lama. Bukan hanya itu, kuliner legendaris masih diburu banyak wisatawan karena memiliki kelezatan yang sulit ditemukan di tempat lain. Penasaran? Berikut ini adalah 12 daftar wisata kuliner yang legendaris dan wajib kamu coba versi DOSEN KULINER.

1. Es Puter Cong Lik

fullsizeoutput_6cb0

Cuaca Kota Semarang panas? Kalau begitu, harus coba Es Puter Cong Lik. Es puter milik Cong Lik dikenal sebagai salah satu kuliner legendaris di Semarang. Usaha ini dirintis sejak 1984 dan hanya menempati warung tenda sederhana.

Es Puter Cong Lik memang tiada duanya. Selain menggunakan bahan-bahan alami, Es Puter Cong Lik pun semakin istimewa dengan aneka topping yang menggugah selera. Ingin segera mencobanya? Langsung saja datang ke Jalan Ahmad Dahlan A No 11.

2. Pisang Plenet

fullsizeoutput_6bd1

Dalam bahasa Jawa, “plenet” berarti ditekan atau dipipihkan. Oleh karena itu, pisang plenet merupakan pisang bakar yang dipipihkan, lalu diberikan aneka topping. Kamu bisa menemukan kuliner legendaris ini di warung tenda di berbagai tempat.

Pisang Plenet tersedia dalam aneka rasa, seperti cokelat, gula putih halus, kacang, keju, selai nanas, dan lainnya. Jajanan murah meriah ini menjadi favorit anak muda Semarang.

3. Tahu Pong Karangsaru

fullsizeoutput_6caf

Selain dikenal sebagai Kota Lumpia, Semarang memiliki sebutan Kota Tahu. Nama tersebut diambil karena kota ini menjadi salah satu penghasil tahu terbaik di Indonesia. Salah satu kuliner tahu adalah di Tahu Pong Karangsaru. Tempat makan ini legendaris., sudah ada sejak tahun 1949.

Tahu pong ini merupakan tahu goreng yang bagian tengahnya kosong atau kopong. Bahan ini disajikan bersama dengan tahu emplek, telur, dan juga gimbal udang. Tak lupa siraman kuah yang terbuat dari petis udang. Nah, cita rasa dari tahu pong ini nendang banget. Kamu yang makin penasaran, mampir dam segera order ke Jalan Pringgading Raya 11 D.

4. Nasi Ayam Bu Pini

fullsizeoutput_6cb1

Konon, Nasi Ayam Bu Pini adalah salah satu kuliner paling legendaris di Semarang. Satu porsi nasi ayam Bu Pini berisi nasi gurih, sayur labu, 1/2 telur bacem, krecek, suiran ayam dan kuah opor. Bahkan, kalau kamu suka pedas, kamu bisa minta bumbu pedas, lho! Yang bikin khas dari nasi ayam Bu Pini adalah nasi yang telah diolah bersama santan sehingga menciptakan rasa yang gurih abis.

Tertarik? Langsung mampir ke Gang Pinggir No.75, Kranggan, Semarang Tengah.

5. Nasi Pindang & Soto Sapi Gajah Mada

fullsizeoutput_6ca9

Nasi pindang merupakan nasi yang disajikan dengan potongan daging sapi, diberi daun melinjo dan diguyur kuah berwarna hitam, karena mengandung kluek selayaknya rawon di Jawa Timur. Namun nasi pindang cenderung lebih ringan dan tidak terlalu pekat.

Tidak hanya itu, terdapat berbagai sajian pelengkap yang menambah kenikmatan nasi pindang, seperti otak sapi, paru maupun tambahan daging empal yang membuat hidangan menjadi lebih berselera.

Pada umumnya warung nasi pindang khas Semarang ini buka sejak pukul 06.00 sampai malam, karena ada konsumen yang suka menikmatinya sebagai sarapan, ada juga yang memilih dikonsumsi di siang hari ataupun untuk makan malam.

Salah satu yang terkenal adalah penjual nasi pindang yang terdapat di Jalan Gajah Mada No. 98 B

6. Warung Asem-asem Koh Liem

fullsizeoutput_6bc8

Warung Asem-Asem Koh Liem ini sudah ada sejak 1978. Hal tersebut juga tertera di tulisan tembok yang berada di dalam warung. Pemilik warungnya bernama Pak Swie Liem atau yang akrab disebut dengan Koh Liem.

Asem-asem di sini memiliki isian yang sederhana, ada daging sapi bagian sendoro yakni daging dalam, urat, daging usus, urat dan juga potongan cabai Jepang.

Meskipun sudah berusia 3 dekade, warung ini tetap tidak membuka cabang. Jadi, pastikan untuk tidak keliru di tempat atau kota lainnya.

Jika ingin menjajal kesegaran dan kenikmatan asem-asem Koh Liem bisa langsung melipir ke warungnya. Lokasinya berada di Jl. Karang Anyar No. 28/C4, Semarang. Tempatnya berdekatan dengan SMA Kolese Loyola Semarang. Buka setiap hari mulai jam 07:00 sampai dengan pukul 20:00 WIB.

 

7. Loenpia Mbak Lien

fullsizeoutput_6caa

Loenpia dan Semarang seolah tak dapat dipisahkan. Makanan ini telah menjadi ikon kuliner yang wajib dicoba saat Anda berkunjung ke Kota Semarang. Lokasi ini cukup mudah ditemukan lantaran di mulut gang, spanduk Loenpia Mbak Lien terlihat jelas dari Jalan Pemuda atau depan Sri Ratu Pemuda.

Loenpia Mbak Lien tersedia dua varian, basah ataupun kering (sudah digoreng). Tapi jangan khawatir, yang basah juga udah mateng koq, sudah siap disantap. Kelebihan dari Loenpia Mbak Lien ini emang pada isinya yang lebih padat dengan rasa yang lebih legit dan nendang banget, perpaduan antara rebung segar, telur, udang dan ayam kampung. Hmmm… apalagi makannya dilengkapi dengan saus kanji yang khas, acar timun, bawang dan cabe rawit. Perfecto!

Loenpia Mbak Lien
Jl Pemuda
Telp (024) 3580734 / 7620015
Jl Pandanaran (depan Bandeng Juwana)
Telp 081 824 2086
Semarang

8. TOKO OEN

fullsizeoutput_6bcbfullsizeoutput_6bcc

Semarang memiliki kuliner-kuliner yang enak, karena kota ini mampu menggabungkan resep asli Indonesia dan peranakan dengan sangat baik. Salah satu tempat kuliner yang nggak boleh dilewati adalah Toko Oen yang berada di jalan Pemuda No. 52.

Di Toko Oen, kita bisa menikmati hidangan enak dari Indonesia, China, dan Eropa, mulai dari makanan pembuka, sup, salad & pasta, main course, hingga desserts. Makanan pembuka yang legend disini adalah Poffertjes Ice Cream, Bitterballen.

9. Nasi Goreng Babat Pak Karmin

Bagi para pecinta kuliner nasi goreng, warung nasi goreng babat yang satu ini jangan sampai terlewatkan. Di Semarang, terdapat warung nasi goreng babat yang cukup legendaris yakni Nasi Goreng Babat Pak Karmin Mberok.

Meski kedai nasi goreng babat banyak dijumpai di Kota Semarang, warung nasi milik Sukarmin ini tetap mampu bertahan selama puluhan tahun.

Sesuai namanya, warung yang berlokasi di Jalan Pemuda tepatnya di dekat Jembatan Mberok Kota Lama Semarang ini, menyediakan menu nasi goreng babat sebagai andalan. Sejak dibuka di tahun 1971, Sukarmin mengungkapkan rahasianya bisa bertahan lebih dari 47 tahun berjualan nasi goreng.

10. Pesta Keboen

 

Pesta Keboen terletak di Jl. Veteran 29 Semarang dengan menempati sebuah rumah kuno peninggalan zaman kolonial Belanda. Rumah tersebut didirikan sejak tahun 1908. Walau sudah berumur satu abad lebih, bangunannya tetap terjaga dengan baik dan terawat.

Ada banyak menu makanan dan minuman yang dapat Anda pilih di Pesta Keboen ini. Kebanyakan dari menu yang disajikan adalah menu makanan Indonesia pada umumnya.

11. Moachi Gemini Kentangan

ydstfgdisdqlixpkablhgaaxsbbqcksi+n3oqpzvsukg

Ada cukup banyak oleh-oleh khas Semarang yang bisa kita bawa pulang, salah satunya yaitu Kue Moaci Gemini yang tidak boleh kita lewatkan. Bentuknya bulat kecil, lembut di luar dan ada kejutan gurih, renyah dan legit dari dalam.

Kita bisa mendapatkan kue moaci Gemini ini di tokonya yang berlokasi di Jl. Kentangan Barat No. 101, Semarang. Ada tiga kemasan yang bisa kita pilih sesuai kebutuhan, ada yang berisi 10, 16 dan 25 buah yang dikemas dalam kardus kecil yang menarik. Warnanya yang merah menyala dengan corek dua beruang kecil berwarna keemasan, menjadi ciri khas Kue Moaci Gemini.

12. Wingko Babad Cap Kereta Api

ji1l4rzpq7anrxic0ou+jw

Banyak sekali wingko yang dijajakan di Semarang. Apalagi merk atau gambar kereta api. Lalu yang mana wingko yang “asli”? Jawabannya adalah Wingko Babad Cap Kereta Api yang hanya dijual di Jalan Cendrawasih 14, Semarang.

Wingko Babad Cap Kereta Api tidak menggunakan bahan pengawet, gula buatan, dan penguat rasa essence.Dibandingkan dengan wingko lain yang dijual di Semarang, harga Wingko Babad Cap Kereta Api memang  relatif lebih mahal.